Info Harian Laduni.ID: 26 Februari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 26 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Senin, 26 Februari 2024 bertepatan dengan hari wafat KH. Hasan Bisri Syafi'i.

KH. Hasan Bisri Syafi'i
KH. Hasan Bisri Syafi'i lahir pada tanggal 12 Desember 1947 di Kampung Poponcol, Desa Ciwulan, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Beliau merupakan putra bungsu dari lima bersaudara, dari pasangan Mama KH. Syafi'i dan Umi Hj. Aminah. Dan KH. Hasan Bisri Syafi’i wafat pada hari Ahad Subuh tanggal 26 Februari 2017.

Di masa kecil, Kyai Hasan belajar Al-Qur’an langsung dari ayahnya sendiri, yakni Mama KH. Syafi'i yang dikenal sebagai Kyai kampung yang rajin mengajar di masjid dan majelis taklim At-Tarbiyyah yang didirikannya. Kyai Hasan mengenyam pendidikan formal hanya sampai kelas 5 SR (Sekolah Rakyat) saja.

Sekitar tahun 1960, Kyai Hasan diutus ayahnya mengikuti jejak saudara sepupunya yaitu KH. Romli untuk berangkat mondok di Pesanten Cikuya, Bandung yang diasuh oleh Mama KH. Toha. Salah seorang teman seangkatannya di pesantren ini adalah almarhum KH. Ahmad Syahid, Qori internasional pendiri Pesantren Al-Falah Cicalengka, Bandung.

Karena aktivitasnya di partai politik ini, KH.Hasan sempat merasakan rezim Orde Baru waktu itu, rumah yang diberikan oleh mertuanya di Susukan, Surkalim, Kecamatan Banyusari diserang dan dirusak oleh masa partai penguasa.

Ayahandanya, Mama KH. Syafi'i menganjurkan beliau untuk membawa istri dan anak-anaknya kembali ke tanah kelahirannya di Kampung Poponcol, Desa Ciwulan. Maka sejak itulah beliau bermukim di kampung itu, untuk membantu ayah dan kakaknya, KH. Bunyamin Syafi'i dalam mengembangkan majelis taklim dan madrasah diniyah yang sudah lama berdiri.

Bagi warga NU Karawang, nama KH. Hasan Bisri Syafi'i sangat dikenal. Beliau adalah pemimpin NU dari daerah yang dulu terkenal sebagai lumbung beras. Meskipun sekarang telah tiada, tapi anak cucunya tetap menjadi pengabdi ke masyarakat dan NU, turut serta dalam menegakkan dan menghidupkan Islam Ahlussunah wal Jamaah.

Sebagai seorang lulusan pesantren, pada tahun 1985, beliau mengembangkan majelis ta'lim At-Tarbiyah milik ayahnya. Kyai Hasan mendirikan pondok Pesantren Attarbiyyah yang beliau Kembangkankan di tahun 2000 menjadi yayasan, saat  menjadi anggota dewan. Bersama putra keduanya Kyai Ahmad Ruhyat Hasby, dan putra keempatnya Kyai Ahmad Zamakhsyari Hasby, beliau mendirikan SMP Islam Attarbiyyah tahun 2001 dan SMK NU Attarbiyyah tahun 2014.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Hasan Bisri Syafi'i
Simak Chart Silsilah Sanad KH. Hasan Bisri Syafi'i

Syaikhah Rahmah El-Yunusiyah
Syaikhah Rahmah El-Yunusiah lahir di Padang Panjang, Sumatra Barat, 29 Desember 1900. Beliau merupakan anak bungsu dari lima bersaudara pasangan Syekh Muhammad Yunus dan Rafi’ah. Syaikhah Rahmah El-Yunusiyah lahir di sebuah rumah gadang jalan Lubuk Mata Kucing, Kanagarian Bukit Surungan.

Beliau wafat pada tanggal 26 Februari 1969 (umur 68) di Padang Panjang, Sumatra Barat. Jenazah beliau dimakamkan di pemakaman keluarga yang terletak di samping rumah beliau.

Syaikhah Rahmah sempat belajar di Diniyah School yang dipimpin kakak beliau, Zainuddin Labay El-Yunisy. Tidak puas dengan sistem edukasi yang mencampurkan pelajar putra dan putri, Syaikhah Rahmah secara inisiatif menemui beberapa Ulama Minangkabau untuk mendalami agama, hal tidak lazim bagi seorang perempuan pada awal abad ke-20 di Minangkabau. Selain itu, beliau mempelajari berbagai ilmu praktis secara privat yang kelak beliau ajarkan kepada murid-murid beliau.

Syaikhah Rahmah dikenal sebagai pendiri perguruan untuk wanita Islam pertama di Indonesia yakni Madrasah Diniyah Puteri (Madrasah Diniyah li Al-Banat) di Padang Panjang. Perguruan yang saat ini meliputi taman kanak-kanak hingga sekolah tinggi.

Maka pada tanggal 01 November 1923, bersamaan dengan usia beliau yang hampir masuk ke 23 tahun, akhirnya Syaikhah Rahmah dengan dukungan dari kakak beliau, Zaenuddin Labay, beserta teman-teman perempuan beliau di PMDS (Persatuan Murid-murid Diniyyah School) memutuskan untuk mendirikan sekolah khusus Perempuan yang dinamai Diniyah School Putri atau Madrasah Diniyah li al-Banat yang bertempat di Masjid Pasar Usang.

Simak biografi lengkapnya di: Syaikhah Rahmah El-Yunusiyah
Simak Chart silsilah sanad Syaikhah Rahmah El-Yunusiyah