Pesantren (Dayah) Darul Ihsan, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Darul Ihsan, Aceh Selatan

Profil
Dayah/Pesantren Darul Ihsan merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Selatan tepatnya di Jl. Pesantren Desa Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam. Pesantren ini berdiri pada tanggal 3 Maret 1982 oleh Abuya Syekh H. Amran Waly, salah seorang putra dari Abuya Syekh H. Muhammad Waly (Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Labuhan Haji Barat, Aceh Selatan).

Masyarakat sekitar khususnya Desa Pawoh sangat fanatik dengan pesantren ini, karena Abuya Syekh H. Amran Waly sangat dekat dengan masyarakat, yakni dengan rutin mengadakan Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf.

Pesantren Darul Ihsan ini dimiliki secara pribadi oleh pimpinan. Pada awal pendiriannya, pesantren ini dalam segala hal pengurusan ditangani langsung oleh pimpinan, namun tak lepas jua dari bantuan kerabat, teman, maupun masyarakat setempat.

Dalam pengembangannya pesantren ini masih dipimpin oleh Abuya, namun untuk dewan guru tenaga pengajar, Abuya dibantu oleh anak-anak beliau, juga para santri dan alumni yang handal di bidangnya. Para alumni santri didikan Abuya Syekh H. Amran Waly termasuk dua anak beliau, sudah mendirikan Pondok pesantren sendiri. Tak lepas dari keridhoan Allah, begitulah kepiawaian beliau dalam mendidik dan membimbing murid-muridnya.

Hingga sekarang, selain menjadi pimpinan dan pemilik Pesantren Darul Ihsan, Abuya Syekh H. Amran Waly dikenal sebagai Ulama Besar dengan Pengkajian Tauhid Tasawufnya di wilayah Aceh dan Sumatera, bahkan kemasyhuran sampai ke negara-negara tetangga.

Program Unggulan
Pesantren Darul Ihsan memiliki beberapa program unggulan untuk para santri dan santriwatinya, di antaranya:
a. Pemantapan dan perasekhan dalam membaca kitab kuning.
b. Membiasakan santri dalam beribadah baik wajib atau sunnah.
c. Pendalaman dan pengamalan dalam bidang pengkajian tauhid dan tasawuf.

Pendiri
Abuya Syekh H. Amran Waly

Pengasuh/Pemimpin
Abuya Syekh H. Amran Waly

Unit Pendidikan
Pendidikan yang diselenggarakan di Pesantren Darul Ihsan semuanya dalam bentuk non-formal, karena metode pendidikan yang dipakai adalah metode salaf. Pendidikan yang dilaksanakan dalam bentuk, sebagai berikut:
a. Sekolah Diniyyah (TPA) yang keberadaannya sangat membantu dan mendukung kemampuan anak-anak sekitar dan juga santri baru dalam baca tulis Al-Qur’an.
b. Sekolah Ibtidaiyah, pelajaran yang diajarkan pada tingkatan ini mencakupi ilmu fiqih, tauhid, tasawuf, dan kitab penunjang seperti Kitab Nahwu dan Sharaf.
c. Sekolah Tsanawiyah, pelajaran yang diajarkan pada tingkatan ini mencakupi ilmu fiqih, tauhid, tasawuf, tafsir Al-Qur’an, dan kitab penunjang seperti Kitab Nahwu, Sharaf, Mantiq, Bayan, dan lain sebagainya.
d. Sekolah Aliyah, pelajaran yang diajarkan pada tingkatan ini mencakupi ilmu fiqih, tauhid, tasawuf, tafsir Al-Qur’an, dan kitab penunjang seperti Kitab Nahwu, Sharaf, Mantiq, Bayan, dan lain sebagainya
e. Majelis Taklim yang dibimbing langsung oleh Abuya Pimpinan Pesantren Darul Ihsan.

Fasilitas
Fasilitas atau Sarana dan Prasarana yang dimiliki Pesantren Darul Ihsan guna menunjang proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
a. Asrama Santri dan Asrama Santriwati
b. Kantor
c. Kamar Mandi 18 unit
d. Kantin 7 unit
e. Halaman Upacara
f. Dapur 4 unit
g. Kamar Tamu 2 unit
h. Aula 2 unit
i. Masjid
j. Rumah Guru 3 unit

Alamat
Pesantren Darul Ihsan terletak di Jl. Pesantren Desa Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam. Kode Pos: 23757

Kontak
Facebook: Darul Ihsan, Pawoh, Labuhanhaji, Aceh Selatan

Sumber
1. Diolah dan dikembangkan dari penelitian skripsi Riza Anisa, Pembentukan Karakter Disiplin Santriwati di Pesantren Darul Ihsan Labuhan Haji Aceh Selatan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh (repository.ar-raniry.ac.id).
2. Diolah dan dikembangkan dari data-data dari situs Documents Professional Platform (AnzDoc).

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.