Pesantren Takhashush Diniyah Banjar, Kalimantan Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Takhashush Diniyah Banjar, Kalimantan Selatan
Sumber Gambar: Pon Pes Takhashush Diniyah, Ilustrasi Laduni.ID

Profil
Handil Gayam Desa Kampung Baru merupakan salah satu pedesaan yang berlokasi di distrik Kota Martapura dikenal sebagai serambinya kota Makkah atau disebut kota Intan, berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan di Desa Kampung Baru inilah didirikan sebuah yayasan pendidikan keagamaan yang berdiri pada tanggal 9 Mei 1985.

Diberi nama Pondok Pesantren Takhashush Diniyah, berdasarkan gagasan dan ide KH. Abdan Hamid selaku pemimpin dan pengasuh pondok pesantren serta bantuan dari dua orang santri seniornya yaitu Ustaz M. Sya‟rani (Alm) dan Ustaz Abul Hasan, dan juga pastinya peran dari masyarakat umum dan pada khususnya masyarakat di sekitar pondok pesantren

Sejarah
Bermula dari tekad KH. Abdan Hamid untuk mengamalkan ilmu pengetahuan agama yang beliau peroleh dari Pondok Pesantren Darussalam Martapura, KH. Abdan Hamid sendiri lulusan tahun 1959. Beliau memulai mengajarkan pendidikan agamanya pada tahun 1983 saat masih menjadi kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Izharul Ulum 9 dan kini menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kampung Baru yang berada 100 meter dari samping barat pondok pesantren saat ini.

Beliau merupakan pelopor pendirian Pondok Pesantren Takhashush Diniyah dengan menggunakan sistem pendidikan klasikal yang diterapkannya, pada saat itu jumlah murid beliau hanya sebanyak 35 orang dengan memakai sebagian ruang kelas kosong untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Bersamaan pada siklus kehidupan dari waktu ke waktu seperti air yang mengalir, santri dan santriwati yang menuntut ilmu di pondok pesantren binaan KH. Abdan Hamid pun bertambah menjadi 102 orang karena masyarakatnya sangat antusias dengan pendidikkan agama untuk anak-anak mereka.

Sistem Manajemen yang digunakan Pondok Pesantren Takhashush Diniyah pada mulanya menggunakan sistem manajemen tradisional. Manajemen ini pun terus berjalan sampai tahun 2009, setelah beberapa tahun menggunakan sistem manajemen tradisional kemudian berubah memakai sistem manajemen modern, walaupun memakai sistem manajemen modern tetapi pengamilan keputusan terakhir ada apa kebijakan pengasuh pondok bukan pada hasil rapat.

Bermodalkan dari semangat yang tinggi dan keinginan yang kuat lalu terlintaslah niat yang ikhlas untuk memberikan ilmu pengetahuan agama yang relatif murah tapi bermutu untuk masyarakat maka pada tanggal 9 Mei 1985 berdirilah sebuah bangunan yang sangat sederhana yang terdiri 3 ruang kelas belajar, 1 ruang kantor yang tiap ruangnya berukuran 6×7 meter persegi berada diatas tanah persawahan berukuran 80×35 meter persegi pemberian salah satu santri seniornya yaitu Ustaz M. Sya’rani (Alm), dan pondok pesantren tersebut telah bersertifikat yayasan.

Sehingga pada tahun itu secara resmi berdirilah sebuah pondok pesantren yang mewah, bukan berarti pondok pesantren mentereng dan besar, namun merupakan sebuah pondok pesantren pesantren yang dikelilingi sawah dengan harapan diberkahi oleh Allah SWT.

Pendiri
KH. Abdan Hamid

Pengasuh
KH. Abdan Hamid

Visi dan Misi
1. Mendidik santri dan santriwati untuk menjadi seorang muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
2. Mendidik santri dan santriwati agar berpengetahuan dan berwawasan luas untuk menghadapi arus gelombang globalisasi yang konflik.
3. Mencetak santri dan santriwati menjadi sosok muslim dan muslimah yang memberikan contoh teladan dan membekali jiwa mereka sebagai calon pemimpin di masa depan.
4. Memberikan pendidikan keagamaan bagi masyarakat yang tidak mampu memberikan pendidikan terhadap putra dan putrinya keluar daerah yang sudah barang tentu memerlukan biaya yang cukup besar.

Pendidikan Non Formal
1. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA),
2. Awaliyah
3. Wustho
4. Ulya.

Pendidikan Formal
1. SMP
2. SMA

Kegiatan Pesantren
1. Pembacaan Habsyi
2. Pembacaan Qasidatul Burdah
3. Pembacaan Maulid Al-Azab


Pembacaan Maulid di Pesantren Takhashush Diniyah

Fasilitas
1. Ruang Belajar 22
2. Ruang Kantor Kesekretariatan 1
3. Ruang Perpustakaan 1
4. Ruang Aula 1
5. Asrama Putra 11
6. Asrama Putri 28
7. Wc dan Kamar Mandi 14
8. Poskestren 1


Santi Putra-Putri di Pesantren Takhashush Diniyah

Alamat
Jl. Handil Gayam RT. 02 RW. 01 Desa Kampung Baru, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan 70655
Email              : Takhashush@gmail.com
Facebook        : takhashush diniyah

Referensi       
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: IDR UIN Antasari Banjarmasin

Kunjungi Juga:

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.