Pesantren Asy-Syuja'i, Rambipuji Jember

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Asy-Syuja'i, Rambipuji Jember

Profil
Pondok pesantren Asy-Syuja‟i yang berada di Jl. Kelapa No. 7 Dusun Curah Mluwo Desa Rowotamtu Rambipuji Jember. Didirikan pada tahun 1960 M/1379 H oleh seorang musafir dari pulau Madura yang bernama Kyai Syuja'. Awal mulanya tempat belajar mengajar itu di sebut pondok mbah Syuja‟ oleh masyarakat setempat , lalu lambat laun pondok tersebut dirubah dengan sebutan yang lebih tapat yaitu pondok pesantren Asy-Syuja‟i.

Pesantren Asy-Syuja‟i ada dua bagian yaitu, pondok pesantren putra lalu disusul dengan pondok pesantren putri. Perkembangan pondok pesantren Asy-Syuja‟i mengikuti perkembangan zaman di era yang semakin modern ini. Namun sistem pengajaran tetap tradisional yaitu seperti sistem sorogan, wetonan dan hafalan.

Perkembangan di bidang pendidikan seperti adanya Diniyah, Niha‟i, dan adanya sekolah formal SMP dan SMA berbasis pondok pesantren. Dari tahun
ke tahun semakin banyak santri yang berdatangan ke pesantren Asy-Syuja‟i, kyai menambah sarana prasarana yang ada di pondok pesantren Asy-Syuja‟i untuk lebih memadai dengan yang dibutuhkan oleh santri sekarang seperti, kantin, dapur, perpustakaan, aula dll. Selain itu ada juga kegiatan santri dengan masyarakat sekitar, bukan untuk menggurui namun untuk sama-sama belajar saling memahami keadaan antara masyarakat dengan santri. Seperti, menyembelih hewan kurban, santunan anak yatim, rotibul hadad dll.

Sejarah
Pondok pesantren Asy-Syuja‟i didirikan oleh kyai Syuja‟ pada tahun 1960 M/1379 H sebutan dari masyarakat ialah pondok Mbah Syuja'. Pesantren ini berdiri di tengah-tengah ramainya tempat-tempat lokalisasi di Dusun Curah Mluwo, Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji, Jember. Antara pesantren dan salah satu lokalisasi yang bersebelahan membuat warga luar desa yang masuk ke dusun Curah Mluwo mengartikan pesantren ke hal yang buruk.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.