Ziarah Makam KH. Mustahal Asy'ari, Pencetak al Hafidz dari Kalibeber

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Mustahal Asy'ari, Pencetak al Hafidz dari Kalibeber

 Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Mustahal Asy'ari beliau adalah pengasuh pesantren PPTQ Al-Asy'ariyyah penerus dari kepemimpinan KH. Muntaha Asy'ari, PPTQ Al-Asy'ariyyah adalah pesantren yang menitikberatkan pada tiga komponen sebagai ciri khasnya yaitu : Al-Qur'an Al-Karim (dengan Tahfidzul Qur'annya), kajian Kitab Kuning. Pesantren ini berlokasi di Jalan KH. Asy'ari Kalibeber Wonosobo.

Dalam kepemimpina di pesantren PPTQ Al-Asy'ariyyah, KH. Mustahal Asy'ari telah berhasil mengembangkan pendidikan dengan mengawali mendirikan TK dan MI Ma'arif.

Profil
KH. Mustahal Asy'ari adalah Adik KH Muntaha Asy'ari, beliau dilahirkan pada tahun 1926 + 14  tahun lebih muda dari KH. Muntaha. Beliau mengawali menuntut ilmu dibawah bimbingan langsung dari kedua orang tuanya sendiri lalu menempa ilmu di berbagai pesantren di antaranya:

1. Syeikh KH. Muntaha Parakan Temanggung selama 1 tahun.
2. Menuntut ilmu di pesantren Lasem dibawah asuhan KH. Ma’sum Lasem dari tahun 1947-1951.
3. Pondok Pesantren Al-Munawir Krapyak Yogyakarta yang dibimbing langsung oleh KH. Ali Maksum, KH. Abdullah Affandi Munawwir, dan  KH. R. Abdul Qodir.

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Mustahal Asy'ari

Lokasi Makam
KH. Mustahal Asy’ari mengabdi dan mengamalkan ilmunya kepada santri dan masyarakat, akhirnya beliau wafat pada tanggal 10 Mei 2009/15 jumadil awal 1430 H.KH. Mustahal Asy’ari dimakamkan di Dero Duwur berdampingan dengan makam KH. Asy’ari, KH. Muntaha Alhafidz dan ibu Nyai. Hj. Maryam Muntaha.

Haul
Haul  KH. Mustahal Asy'ari diperingati pada bulan Jumadi Awal yang diacarakan di pesantren di PPTQ Al-Asy'ariyyah mengenai tanggal Haul pihak keluarga pesantren yang akan memberitahu acara haul diperingati.
 

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi Banten
     1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
     2. Untuk mendoakan
     3. Untuk mendapatkan keberkahan
     4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua
 

Fadilah
Dengan berdoa kepada Allah dengan melalui wasilah  KH. Mustahal Asy'ari maka akan ada fadilah di antaranya:
     1. Dimudahkan mendapatkan keturunan
     2. Mendapatkan keturunan yang cerdas, soleh, dan ahli agama
     3. Mendapatkan dalam derajat
 

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang usai ziarah di Wonosobo di antaranya: Carica, purwaceng, Mie ongklok instan, kripik tempe, teh tambi, keripik kentang, sagon, dendeng gepuk.