Pondok Pesantren Al-Basyir, Cibungbulang, Bogor

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pondok Pesantren Al-Basyir, Cibungbulang, Bogor

Profil
Pendirian SD, SMP, dan SMATahfizh Al-Basyir diawali dari niat pimpinan Yayasan Al-Basyir Bogor untuk mendirikan sekolah yang berbasis agama dan ilmu pengetahuan sehingga para siswadiharapkan memiliki landasan kuat dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, pendidikan agama dan pendidikan umum mendapat porsi seimbang dalam pelaksanaannya.

Pendirian sekolah dan pondok diawali dari pembangunan gedung sekolah, majlis, pondok pesantren pada tahun 2005 dilanjutkan dengan pendirian Sekolah Dasar tahun 2006. Pada awal pendirian sekolah dasar, dalam penerimaan siswa baru, selain menerima siswa kelas I juga menerima siswa pindahan. Hasilnya adalah telah diterima kelas I sejumlah dua rombongan belajar dan kelas III, serta kelas IV masing-masing satu rombongan belajar. Dari awal pendirian sekolah dasar hingga tahun 2016 setiap kelas selalu dibatasi dua rombongan belajar, setiap rombongan belajar maksimal 24 siswa.

Dengan suksesnya pendirian Sekolah Dasar muncullah animo baru dari orang tua siswa SD dan masyarakat pada umumnya agar Yayasan AL-BASYIR mendirikan SMP. Hal itu ditangkap oleh yayasan sebagai hal positif sekaligus alasan tepat pendirian SMPTahfizh Al-Basyirpada tahun 2011. Awal pendirian SMP, penerimaansiswa baru dibatasi dua rombongan belajar dan dua rombongan belajar terpenuhi. Selanjutnya pada tahun 2016 Yayasan AL-BASYIR mendirikan SMA ISLAMIC BOARDING SCHOOL.

Sejak tahun 2016 pembelajaran SMP-SMA Tahfizh Al Basyir di awal tahun ajaran baru, setiap siswa mengikuti program pembelajaran menghafal Al-Quran/Tahfizhul Quran selama 3 bulan dengan harapan maksimal siswa dapat menghafal Al-Quran 30 juz. Sedangkan untuk pembelajaran di kelas setiap siswa diwajibkan menggunakan laptop sebagai alat/media belajar sekaligus untuk menyimpan berbagai materi ajar baik pelajaran umum maupun pelajaran keagamaan/pesantren. Dengan demikian laptop menjadi alat/media pembelajaran yang dianggap penting.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.