Pesantren Hasyim Asy’ari Jepara

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Hasyim Asy’ari Jepara

Profil
Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk di kecamatan Bangsri. Pesantren ini didirikan pada tahun 1956 oleh KH. Mc. Amin Sholeh. Setelah meninggalnya beliau pada 19 November 2002, Pesantren ini dipimpin secara kolektif oleh Hj. Aizzah Amin sholeh dan putra-putranya, KH Nuruddin Amin, S.Ag, Hj. Hindun Annisah, MA, H. Zainal Umam, Lc, dan Ikfina Maufuriyah, SS. Saat ini santrinya berjumlah sekitar 1.760 santri.

Pondok pesantren Hasyim Asy’ari mempunyai dua lokal, yaitu HA cabang PUSAT yang bertempat di komplek MTs. Hasyim Asy’ari yang diasuh oleh KH. Zaenal Umam, Lc dan HA cabang JOGLO (khusus putri) yang bertempat di sebelah MA Hasyim Asy’ari diasuh oleh KH. Nuruddin Amin, S.Ag.

Model pembelajaran yang diadakan di pesantren ini adalah semi modern. Artinya, tetap ada sistem sorogan dan bandongan di pagi dan malam hari dengan mengaji Al-Qur’an. Tapi para santrinya juga mengikuti pendidikan di tingkat MTs dan MA. Untuk kelas pagi hari setelah Shubuh, diadakan pengajian kitab yang wajib diikuti oleh para santri.

Pesantren ini juga sering dilibatkan dalam kegiatan kemasyarakatan dan sebaliknya pesantren juga sering melibatkan masyarakat dalam kegiatan pesantren. Usaha saling membantu dan bekerjasama mereka lakukan dalam bentuk-bentuk kegiatan seperti keagamaan, kerja bakti, pengajian, bersih desa, dan gotong royong lainnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.