Benarkah Mediatek Kalah Performa Dengan Snapdragon, Ini Penjelasannya

 
Benarkah Mediatek Kalah Performa Dengan Snapdragon, Ini Penjelasannya

Laduni.id, Jakarta – Mediatek dan Snapdragon adalah dapur pacu sebagian besar smartphone di Indonesia. Namun tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memandang smartphone berprosesor Mediatek sebelah mata.

Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian seperti dilansir inet detik, sampai saat ini MediaTek memang masih dianggap kelas bawah. Dampaknya, banyak pihak yang berasumsi prosesor besutan mereka jelek. Padahal ketika uji performa, hasilnya sangat bagus.

Lucky mencontohkan chipset Helio P60 yang dipakai Nokia 5.1 Plus. Secara spek setara dengan Snapdragon 636-nya Qualcomm, yang mentenagai Redmi Note 5 ataupun Zenfone Max Pro M1. Malah chipset MediaTek lebih unggul pada sejumlah aspek.

"Helio P60 punya clock yang lebih tinggi. Selain itu fabrikasinya 12 NM, sementara Snapdragon 636 baru 14 nm. Ini membuat performa Helio P60 lebih ngebut," ujar Lucky saat berbicara di media workshop bersama Nokia di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Pria berdarah Bandung itu lantas menunjukan perbandingan hasil uji kedua chipset tersebut. Aspek yang dites meliputi performa CPU hingga GPU menggunakan beberapa aplikasi pengujian seperti Geekbench, Antutu, 3D Mark, GFX Bench, dan PC Mark. Hasilnya, Helio P60 mencetak nilai yang lebih tinggi ketimbang Snapdragon 636.

"Pada uji PC Mark, Helio P60 mendapat nilai 7. Sejauh ini skor setinggi itu diraih oleh chipset flagship," ujar Lucky.

"Menjadi...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni