Pesantren Roudlotus Saidiyyah Semarang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Roudlotus Saidiyyah Semarang

Profil

Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah merupakan unit lembaga pendidikan dibawah pengelolaan Yayasan Roudlotus Saidiyyah, didirikan dan diasuh oleh Hadrotus Syaikh KH. M. Said Almasyhad, beserta istri Ibu Nyai Hj Faizah sejak tahun 1994 di Sukorejo Kalialang Semarang. Informasi mengenai sejarah pendirian pondok pesantren dapat Anda temukan dihalaman profil Yayasan Roudlotus Saidiyyah.

Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah pusat berlokasi satu komplek dengan yayasan, yang juga komplek asrama putra/putri dan sekolah di Kalialang Semarang. Selain itu terdapat cabang Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah, yaitu asrama khusus mahasiswi putri UNNES yang berlokasi di komplek kampus UNNES Semarang, dan yang saat ini sedang tahap pembangunan untuk pesantren khusus tahfidz terdapat di desa Siroto Gunung Pati Semarang.

Santri-santri di Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu anak (jenjang Sekolah Dasar), remaja (jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Atas) dan juga dewasa (jenjang mahasiswa/mahasiswi ke atas) baik santri pria maupun wanita, baik yang hanya mondok di pesantren maupun bersamaan dengan sekolah, ataupun masyarakat umum sekitar yang mengikuti kegiatan di sub lembaga pendidikan pesantren seperti TPQ untuk anak dan juga Majlis Ta’lim yang rutin diselenggarakan beserta kegiatan khataman al-Qur’an setiap hari Ahad Legi setiap bulannya.

Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah dengan program pendidikan internal di dalamnya, melalui sub-unit lembaga pendidikan di TPQ, Madrasah Diniyyah dan juga Majlis Ta’lim, maupun melalui lembaga formal yang terhubung dengan pesantren di MI, SMP Islam dan SMK Islam, selain menggunakan kurikulum yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Nasional juga menggunakan pedoman kitab salaf dan al-Qur’an untuk kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Santri-santri di Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah mendapatkan bekal keilmuan ekstra yang mana jarang diajarkan dilembaga pendidikan umum. Dengan pedoman diatas, berpedoman pada ajaran Ahlussunah Waljamaah Annahdliyyah para santri mendapat pengetahuan dan bimbingan mengenai agama secara lebih intensif pada hal yang berkaitan dengan ubudiyyah (tata cara beribadah), muamalah (beraktifitas), bahasa Arab, struktur bahasa dengan ilmu Nahwu Shorof, membaca al-Qur’an dengan pedoman tajwid serta tahfidzul Qur’an, hingga yang berkaitan dengan keahlian khusus seperti pidato dan juga rebana. Selain itu kegiatan berbasis jamaah seperti sholat wajib lima waktu, sholat sunnah sehari-hari hingga ziarah para ulama & waliullah, dilakukan bersama untuk membangun kedisiplinan serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua yang merupakan produk budaya Indonesia, telah berkembang dan memiliki andil yang sangat besar terhadap perjalanan sejarah bangsa. Dengan sistem tinggal bersama di asrama, belajar di pondok pesantren tidak hanya membuat anak didik lebih fokus dalam belajar, tetapi juga berkarakter dengan amaliah harian yang dilakukan dalam bimbingan kyai serta ustadz pengajar. Ayo mondok di Roudlotus Saidiyyah.

Sejarah

Pondok pesantren Roudlotus Saidiyyah Kalialang Semarang didirikan oleh Hadrotus Syekh KH. Moh. Said Al Masyhad yang memiliki guru terakhirnya seorang ulama besar dari Jawa Timur yaitu Romo Kyai. Muhsin Syafi’i dari Bululawang, Malang, Jawa Timur. Beliau Syeh KH. Moh Said Al Masyhad mendapatkan wasiat untuk meneruskan perjuangan Romo Kyai. Muhsin Syafi’i untuk terus menegakkan agama Allah SWT dan melaksanakan syiar Islam di kota Semarang, tepatnya di desa Sukorejo, Kalialang Baru Kec. Gunung Pati Semarang.

Pada tahun 1994 Hadrotus Syekh KH. Moh. Said Al Masyhad mendirikan pondok pesantren yang kemudian dikenal dengan nama Ponpes Roudlotus Saidiyyah Kalialang Semarang.

Nama Roudlotus Saidiyyah sendiri dipilih berdasarkan petunjuk guru beliau yaitu Simbah KH. Marwan Jragung Demak dan Romo Kyai Muhsin Syafi’i dari Malang yang merupakan guru terakhirnya.

Pondok pesantren Roudlotus Saidiyyah berkembang tidak lepas dari figur KH. Said Almasyhad yang secara konsisten telah mendirikan dan mendidik dengan ikhlas santri-santri Roudlotus Saidiyyah sejak 27 tahunan yang lalu. Pesantren yang pada awalnya hanya berisi 10 orang santri saja ini, atas ijin Allah SWT kini telah berkembang bersama hingga ratusan/ribuan santri ataupun alumni yang berasal dari Jawa Tengah dan dari luar Jawa seperti Aceh, Jambi hingga Nusa Tenggara Timur.

Dan tidak hanya berlokasi di Kalialang, saat ini Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah sudah memiliki beberapa cabang, yaitu cabang UNNES Semarang khusus Mahasiswi dan yang sedang dalam rencana pengembangan saat ini ada di desa Siroto Gunung Pati Semarang untuk santri khusus tahfidul Qur’an.

Merupakan program dari Pondok Pesantren, beberapa sub unit pendidikan diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan belajar ilmu agama seperti TPQ untuk santri anak, Madrasah Diniyyah untuk santri remaja dan juga Majlis Ta’lim dengan kegiatan khotmil Qur’an rutin diadakan setiap hari Ahad Legi untuk umum dan alumni setiap bulannya.

Bermula dari lembaga pendidikan berbasis kajian agama Islam, Yayasan Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah menyadari pentingnya santri-santri memiliki bekal pengetahuan umum disamping ilmu agama melalui pendidikan formal. Maka pada tahun 2003, dengan rekomendasi SK Wali Kota Semarang No: 848/116/I/2003 dan SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang No: 060/U/2002, Alhamdulillah pada tahun pelajaran 2003/2004 telah didirikan unit pendidikan formal pertama dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Semarang, SMP Islam Terpadu, yang memadukan kurikulum Diknas (KTSP) dan Kurikulum Pesantren yang dikemas secara professional oleh tim lulusan Magister UNNES Semarang.

Adanya kebutuhan untuk melengkapi tingkat pendidikan yang lain serta dengan sudah ter-realisasinya rencana pengembangan unit gedung beserta ruang kegiatan belajar dan praktik yang memadai; menyusul tahun-tahun berikutnya pada tahun 2014 resmi telah didirikan unit pendidikan SMK Islam dengan jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Perbankan Syariah; serta pada tahun 2019 juga resmi didirikan unit pendidikan untuk santri anak dengan lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah (MI).

Untuk mendukung kegiatan belajar yang berorientasi pada hasil, pada area gedung Roudlotus Saidiyyah selain dilengkapi fasilitas olah raga seperti lapangan dan kolam renang anak; juga dilengkapi fasilitas belajar yang lengkap seperti laboratorium bahasa (Indonesia, Jawa, Inggris, Jepang & Arab), laboratorium komputer dengan terkoneksi jaringan internet, laboratorium media, laboratorium IPA dan juga laboratorium teknik jaringan komputer sehingga dapat memaksimalkan proses belajar siswa-siwsi sekolah Roudlotus Saidiyyah. Adapun untuk mendukung perkembangan bakat siswa-siswi, program sekolah juga memiliki kegiatan ekstra kurikuler agama seperti pidato, qiro’ah, tartilan al-Qur’an dan juga kegiatan lainnya.

Pendiri
1. KH. M. Said Almasyhad
2. Nyai Hj Faizah

Pengasuh
1. KH. M. Said Almasyhad
2. Nyai Hj Faizah

Pendidikan

Unit Pendidikan :
1. MI Roudlotus Saidiyyah
2. SMP IT Roudlotus Saidiyyah
3. SMK IT Roudlotus Saidiyyah
4. TPQ
5. Madin
6. Majelis Taklim

Ekstrakurikuler

Pesantren Roudlotus Saidiyyah memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidz Al-Qur’an
2. Seni Tilawatil Al-Qur'an
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Kitobiah
9. Ziarah
10. Drumb Band
11. Jurnalistik
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16. Olahraga: Sepakbola, Voli, Basket, Tenis Meja
17. Kaligrafi
18. Keterampilan Wirausaha: Teknik Komputer dan Jaringan,Perbankan
 


Pengajian rutin di pesantren Roudlotus Saidiyyah

Pelatihan komputer di pesantren Roudlotus Saidiyyah

Fasilitas

Pesantren Roudlotus Saidiyyah memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Tenaga Pengajar berkompetensi S1 dan S2
2. Gedung Representatif
3. Aula
4. Perpustakaan
5. Masjid Laboratorium Komputer
6. Laboratorium Bahasa
7. Laboratorium IPA
8. Laboratorium Komputer
9. Bank Mini Syariah
10. Sarana Prasarana Olahraga Lengkap
11. Asrama Putra da Putri
12. Program BEASISWASerta fasilitas penunjang lainnya.


Masjid di pesantren Roudlotus Saidiyyah

Gedung pesantren di pesantren Roudlotus Saidiyyah

Alamat

Jl. Kalialang baru, Sukorejo, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah
Kode Pos :   50221
Telepon    :   024-7643-3666, 7643-3597, 7643-3596
Email       :   yarosa.smg@gmail.com

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.