Biografi Syaikh H. Abdul Aziz Samalanga (Abon Aziz)

 
Biografi Syaikh H. Abdul Aziz Samalanga (Abon Aziz)
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil Syekh H. Abdul Aziz Samalanga (Abon Aziz)

  1. Kelahiran
  2. Keluarga
  3. Pendidikan
  4. Mengajar di Dayah
  5. Karomah
  6. Chart Silsilah Sanad

 

Kelahiran

Syekh H. Abdul Aziz Samalanga atau yang kerap disapa dengan panggilan Abon Aziz dilahirkan pada bulan Ramadhan tahun 1351 H atau bertepatan dengan 1930 M, di sebuah gampong bernama Kandang di Kecamatan Samalanga, dulunya dalam Kabupaten Aceh Utara. Namun, setelah pemekaran, Samalanga menjadi bagian dari Kabupaten Bireuen.

Dalam perjalanan hidupnya, Abon Aziz dibesarkan dan diasuh di Jeunieb. Kondisi ini disebabkan ayahanda beliau pernah menjabat Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Jeunieb. Ayahnda Abon juga tokoh agama yang berperan penting dan banyak berjasa dalam memajukan pendidikan agama khususnya dayah.

Salah satu buktinya Dayah Darul Atik Jeunib, pendirinya ayahanda Abon Aziz Al-Mantiqi. Abon Aziz masa kecil menghabiskan waktu di Jeunieb dan juga belajar ilmu agama di dayah tersebut.

Keluarga

Saat  itu dayah dipimpin Tgk. Haji Hanafiah (Tengku Abi) lebih kurang selama dua tahun. Namun, usia Abon telah matang. Abon menikahi seorang gadis di Gampong Mideun Jok Samalanga yang merupakan putri gurunya sendiri yang adalah pimpinan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Dayah Ma’hadal Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya (MUDI Mesra) Samalanga pada waktu itu. Abon dikaruniai empat anak, yaitu (almarhumah) Hj. Suaibah, Hj Shalihah, (almarhum) Tgk. H .Thaillah dan Hj Masyitah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya