Biografi KH. Dimyati Tremas

 
Biografi KH. Dimyati Tremas
Sumber Gambar: Dok. LaduniID

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesanten

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau

4          Karier
4.1       karier Beliau

5         Referensi

6         Chart Silsilah Sanad

1 Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
KH. Dimyati Tremas lahir pada Jumat Legi, 26 Shafar 1296 Hijriah bertepatan dengan tanggal 18 Februari 1879 M di Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. KH. Dimyati Tremas adalah putra ke-4 dari pasangan KH. Abdullah dan Nyai Aminah.

1.2  Riwayat Keluarga
Sekembalinya dari tanah suci, KH. Dimyati Tremas lalu menikah dengan Nyai Khatijah binti KH Abdur Rahman pada hari Kamis 7 Rajab 1323 H, atau 6 September 1905 M. Saat itu KH. Dimyati Tremas berusia 27 tahun sedangkan isterinya, Nyai Khadijah berusia 14 Tahun. Dari pernikahan ini, KH. Dimyati Tremas dikarunia 8 putra-putri. Berturut-turut: Nyai Hafshoh, Kiai Hamid, Nyai Hamnah, Nyai Halimah, Kiai Habib, Nyai Habibah, Kiai Hasir, dan Kiai Harits.

1.3  Wafat
KH. Dimyati Tremas wafat pada 31 April 1934 M

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1   Mengembara Menuntut Ilmu
Setelah belajar langsung kepada ayahnya, KH. Dimyati Tremas, bersama adiknya Kiai Abdurrazaq diajak ayah beliau untuk menunaikan ibadah haji sambil melanjutkan studinya di Makkah, menyusul kakak beliau Syaikh Mahfudz, yang sudah dulu bermukim dan menjadi guru besar disana.

KH. Dimyati Tremas tak kenal lelah dalam menimba ilmu. Usia remaja KH. Dimyati Tremasi dihabiskan untuk belajar kepada para guru terbaik di masanya, khususnya di tanah arab hingga Asia Tengah.

Waktu terus bergulir, hari ke hari, bulan ke bulan, dan tahun ke tahun. Tidak terasa hampir 16 tahun KH. Dimyati Tremas bermukim di tanah Arab. Kesungguhanya dalam menuntut ilmu telah membuat tinggi pengetahuan agamanya.

Setelah ayah beliau, Kiai Abdullah, wafat di Makkah pada tahun 1894, dua tahun kemudian KH. Dimyati Tremas kembali ke tanah air. KH. Dimyati Tremas kembali ke Tremas untuk meneruskan kepemimpinan Pesantren Tremas, yang sejak keberangkatan Kiai Abdullah, Pondok Tremas diserahkan kepada menantunnya, Kiai Zaed bin Taslim Basyaiban dari Tirip, Purworejo.

2.2  Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau ketika menuntut ilmu adalah:
1. KH. Abdullah
2. KH. Sholeh Darat

2.3  Mengasuh Pesantren
KH. Dimyati Tremas mengasuh Pesantren Tremas mulai tahun 1894 hingga 1934. KH. Dimyati Tremas memiliki peran yang sangat besar dalam membesarkan Pesantren Tremas hingga dapat berkembang seperti sekarang ini.

Di bawah kepemimpinan KH. Dimyati Tremas, Pesantren Tremas Pacitan pernah mengalami masa keemasan dengan jumlah santri mencapai 2 ribuan. Karomah dan kealiman beliau dalam berbagai ilmu diakui oleh para ulama nusantara. Sentuhan KH. Dimyati Tremas melalui pendidikan pesantren melahirkan alumni yang mumpuni di bidangnya. antara lain: KH. Ali Maksum Krapyak, KH. Abdul Hamid Pasuruan, KH. Muntaha Alhafidz Kalibeber Wonosobo, KH. Muslih Mranggen Demak, Prof Mukti Ali (Menteri Agama RI era presiden Soeharto), dan para kiai serta tokoh lainya.

KH. Dimyati Tremas memimpin Pesantren Tremas kurang lebih 41 tahun. KH. Dimyati Tremas berhasil meneruskan tonggak sejarah yang telah diwariskan oleh kakeknya, KH. Abdul Manan Dipomenggolo.

3  Penerus Beliau            

3.1  Anak-anak Beliau
Anak-anak beliau yang menjadi penerus perjuangan ulama beliau adalah:
1. Nyai Hafshoh
2. Kiai Hamid
3. Nyai Hamnah
4. Nyai Halimah
5. Kiai Habib
6. Nyai Habibah
7. Kiai Hasir
8. Kiai Harits.

3.2  Murid-murid Beliau
Ulama-ulama yang menjadi murid beliau adalah:
1. KH. Ali Maksum Krapyak
2. KH. Abdul Hamid Pasuruan
3. KH. Muntaha Alhafidz Kalibeber Wonosobo
4. KH. Muslih Mranggen Demak
5. Prof Mukti Ali

4  Karier      

4.1  Karier Beliau
Karier sesuai dengan keilmuan beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:
Pengasuh pesantren Tremas

5  Referensi 

1. https://pondoktremas.com/pengasuh/
2. https://www.youtube.com/watch?v=TN0JG7GmXZk

6  Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Dimyati Tremas dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 24 Mei 2022, dan terakhir diedit tanggal 12 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya