Mahasiswa FISIP UNTAN Gelar SUnatan Masal

 
Mahasiswa FISIP UNTAN Gelar SUnatan Masal

LADUNI.ID, PONTIANAK - Sebanyak 21 anak dari berbagai daerah mengikuti sunatan massal yang digelar oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak. Sunatan massal bertajuk ‘Khitan Biroe’ ini digelar di Kampus FISIP Untan, Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Ahad , 3/3.

Ketua panitia penyelenggara sunatan massal Riska Nanda Kumala Sari mengatakan kegiatan sosial ini sengaja digelar dalam rangka penerapan butir ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui Khitan Biroe ini, Riska berharap mahasiswa Untan semakin giat melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Di sini kita mengambil tema Baktiku untuk Kampus, Baktiku untuk Masyarakat. Dari tema itu memiliki arti bakti mahasiswa dari kampus untuk masyarakat,” ujarnya saat ditemui disela-sela kegiatan.

Di tempat yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP Untan Sabran Achyar mengungkapkan apresiasinya terhadap panitia penyelenggara yang telah berupaya maksimal menyelenggarakan kegitan tersebut. Sabran menilai, sunatan massal ini merupakan kegiatan positif karena dapat meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa terhadap kondisi masyarakat.

“Ini juga sebagai salah satu perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi. Bagaimana mahasiswa menunjukkan kebaktiannya kepada masyarakat. Tentu saya sangat senang dengan kerja keras mereka yang sudah berupaya menjadikan kegiatan ini benar-benar terjadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat drg. Harry Agung yang berkesempatan hadir turut menyatakan dukungannya terhadap kegiatan sunatan massal. Lebih dari itu, Harry Agung bahkan mendorong mahasiswa untuk lebih sering mengadakan kegiatan-kegiatan serupa.

“Di sini peran adek-adek mahasiswa Fisipol sangat baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terlebih mereka bisa melirik kondisi maupun apa-apa saja yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitarnya,” tandasnya