Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit

 
Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Menjenguk orang sakit adalah anjuran dari Islam. Rasulullah SAW pernah menyampaikan perihal yang menjadi hak orang lain atas kita, di antaranya adalah menjenguk orang sakit.

Dalam sebuah riwayat diterangkan bahwa Rasulullah SAW bersabda;

أَنَّ رَسُوْلَ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ: رَدُّ السَّلَامِ، وَعِيَادَةُ الْمَرِيْضِ، وَاِتْبَاعُ الْجَنَائِزِ، وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ، وَتَشْمِيْتُ الْعَاطِسِ

Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda; "Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain ada lima: menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, menghadiri undangan, dan mendoakan orang yang bersin." (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi menjenguk orang sakit itu adalah anjuran yang memang menjadi hak orang muslim atas kita. Di samping itu, menjenguk orang sakit tidak hanya sekadar untuk melipur hati tapi juga dianjurkan untuk membaca doa untuk kesembuhannya.

Adapun doa untuk kesembuhan orang sakit telah diajarkan juga oleh Rasulullah SAW. Di antara doa yang bisa dibaca ketika menjenguk orang sakit untuk kesembuhannya adalah sebagaimana yang terekam dalam banyak Hadis berikut ini.

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، أَذْهِبِ الْبَأْسَ، اِشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي، لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

“Ya Allah, Tuhan semua manusia, hilangkanlan penyakitnya, sembuhkan dia. Hanya Engkau yang bisa menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan yang berasal dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”(HR. Bukhari)

رَبَّنا الَّذي في السَّماءِ، تقَدَّسَ اسمُكَ، أمرُكَ في السَّماءِ والأرضِ، كما رَحْمَتُكَ في السَّماءِ والأرضِ، اغفِرْ لنا حَوْبَنا وخَطايانا، يا ربَّ الطَّيِّبِينَ أنزِلْ شِفاءً مِن شِفائِكَ ورَحمةً مِن رَحْمتِكَ على هذا الوَجَعِ، فيَبْرَأُ

“Wahai Tuhanku yang di langit, Maha Suci nama-Mu, urusan-Mu segala yang ada di langit dan bumi, sebagaimana rahmat-Mu yang ada di langit dan bumi, ampunilah dosa dan kesalahan kami. Wahai Tuhan orang-orang baik turunkanlah penyembuh dari-Mu dan rahmat-Mu untuk penyakit ini agar segera pulih.” (HR. Hakim)

أَسْأَلُ اللهَ العظيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَك

“Aku memohon kepada Allah, yang Maha Agung, Tuhan ‘Arsy yang agung agar menyembuhkanmu.” (HR. Hakim)

باسْمِ اللهِ يُبْرِيكَ، وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيكَ، وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إذَا حَسَدَ، وَشَرِّ كُلِّ ذِي عَيْنٍ

“Dengan nama Allah yang menyembuhkanmu. Dia pula yang menyembuhkanmu dari segala macam penyakit dan dari kejahatan pendengki saat mendengki serta segala macam kejahatan pandangan yang disertai kebencian.” (HR. Muslim)

Kehadiran kita kepada orang yang sedang sakit sangatlah penting untuk memberikan semangat dan menghiburnya. Tetapi tidak kalah penting adalah mendoakan untuk kesembuhannya. Meskipun telah ditangani oleh seorang dokter ahli, atau berobat secara medis, tetapi sandaran kita tetaplah Allah SWT. Karena Allah SWT yang menghendaki segalanya terjadi.

Semoga bermanfaat. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 06 Maret 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim