Doa untuk Kesembuhan Diri Sendiri

 
Doa untuk Kesembuhan Diri Sendiri
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap orang berpotensi merasakan sakit. Secara normal rujukan orang sakit untuk berobat adalah pergi ke dokter. Secara keilmuan memang dokter mempunyai keahlian dalam mengidentifikasi rasa sakit yang diderita oleh seseorang dan lalu bisa menentukan resep obatnya. Tapi hakikatnya, rasa sakit ini ada sebab tidak lain adalah kehendak Allah SWT. Karena itu, segala sumber kebaikan dan kesembuhan pun pasti dari Allah SWT.

Kalau usaha secara lahir sudah dilakukan dalam ikhtiar menyembuhkan sebuah rasa sakit yang diderita, maka selanjutnya dikembalikan kepada Dzat yang Maha Berkehendak.

Dalam menangani sakit ringan, biasanya kondisi tubuh mempunyai antibodi yang bekerja secara alami memproses kesembuhan. Meski demikian, sekali lagi semuanya itu tidak lain adalah kehendak dari Allah. Maka, perlu juga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam rangka ikhtiar untuk menyembuhkan sakit itu.

Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah doa yang baik untuk diamalkan oleh siapapun yang merasakan nyeri atau sakit lainnya yang dirasakan oleh tubuh.

Doa ini dibaca sambil memegang bagian tubuh yang merasakan sakit. Berikut doanya;

  • Membaca sebanyak 3 kali

بِسْمِ اللَّهِ

“Dengan menyebut nama Allah.”

  • Membaca sebanyak 7 kali

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

“Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang aku rasakan dan aku khawatirkan.”

Doa ini sebagaimana terdapat dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Lalu dinukil oleh Imam Nawawi dan tercatat di dalam Kitab Al-Adzkar;

وَرُوِيْنَا فِي صَحِيْحِ مُسْلِمٍ رَحِمَهُ الله، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّهُ شَكَا إِلَى رَسُوْلِ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَعًا يَجِدُهُ فِي جَسَدِهِ، فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya:“Diriwayatkan kepada kami dalam Shohih Muslim rahimahullah, dari Usman bin Abil ‘Ash r.a. bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya; ‘Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang merasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillāh.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A‘udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru." (Al-Adzkar, hlm. 113-114).

Demikianlah alternatif yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam menangani sakit yang dirasakan oleh tubuh kita.

Memang kita sangat dianjurkan untuk mendoakan kesembuhan orang lain yang sedang sakit, tapi kita juga bisa berdoa untuk kesembuhan diri sendiri ketika merasa sakit. Dan doa yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ini dapat menjadi alternatif sebagai terapi yang dapat dilakukan untuk kesembuhan diri sendiri. Wallahu A‘lam. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 06 Maret 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim