Menag RI Sebut Kebersamaan Penting dalam Menjaga Esensi Ajaran Agama

 
Menag RI Sebut Kebersamaan Penting dalam Menjaga Esensi Ajaran Agama

LADUNI.id, Jakarta - Menteri Agama H Lukman Hakim Saifuddin menegaskan pentingnya membangun kebersamaan antarumat beragama di Indonesia. Menurut Lukman, kebersamaan merupakan wujud terhadap adanya perbedaan.

“Kebersamaan itu kan sebuah kebutuhan karena kita beragam,” kata Lukman pada halaqah Pengembangan Pendidikan Islam 2019 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama di Mercure Hotel Convention Ancol Jakarta, Senin (11/3).

Ia berpendapat, terjalinnya kebersamaan penting agar agama tetap berada pada esensi ajarannya, yakni memanusiakan manusia, dan bukan sebaliknya, yaitu memperalat agama untuk tujuan-tujuan yang merendakan dan meniadakan eksistensi satu sama lain.

Ia melanjutkan, Indonesia sebagai negara dengan ragam agama sudah semestinya disikapi warganya dengan bijak agar terhindar dari perpecahan. 

“Bahkan terhadap yang sama-sama agama kalau pahamnya beda itu bisa menjadi potensi konflik kalau kita tidak arif menyikapi kemajemukan,” ucapnya.

Ia menegaskan bahwa Tuhan menciptakan perbedaan atas kehendak-Nya atau sunnatullah, sehingga manusia tidak boleh berkeinginan untuk menyeragamkannya.

“Jadi jangan pernah berpretensi, berkeinginan berobsesi untuk menyeragamkan semua kita karena itu menyalahi sunnatullah, sesuatu yang tidak mungkin,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, manusia seharusnya mengambil hikmah atas perbedaan yang diciptakan Tuhan, yakni dengan berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan.

“Maka kita segera, cepet-cepetan untuk melakukan kebajikan itu. Jadi keragaman itulah yang harus menjadi motivasi kita sekaligus inspirasi dalam berbuat kebaikan,” ucapnya. (Husni/NU Online)