Tata Cara Berziarah

 
Tata Cara Berziarah

LADUNI.ID, Jakarta -  Manusia hidup hanya sementara di dunia, kehidupan yang kekal ada pada akhirat. Maka dari itu, diadakannya ritual ziarah kubur yang banyak memiliki hikmah serta manfaat bagi yang melaksanakannya.

Allah SWT menganjurkan untuk melakukan ziarah dengan tujuan untuk mengingatkan mengenai kematian. Hal tersebut berguna kepada manusia agar selalu mempersiapkan diri dengan menebalkan iman serta amalan dari kebaikan. Namun ada juga manusia yang menyelewengkan tujuan dari ziarah kubur, yaitu untuk melakukan persembahan kepada orang – orang yang sudah meninggal.

Tentu hal ini merupakan hal yang sangat dilarang oleh agama. Jadi, Anda perlu membulatkan niat ketika akan melakukan ziarah kubur agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, Anda juga perlu untuk memerhatikan tata cara dan adab ziarah.

Dalam melakukan pelaksanaan tersebut harus sesuai dengan tuntunan yang sudah diajarkan di dalam agama agar niat dan tujuannya tidak melenceng dan akan menyebabkan kemusyrikan yang sudah pasti dilarang oleh Allah SWT dan perbuatan tersebut menimbulkan dosa besar bagi yang melakukannya. Dengan ziarah yang diikuti niat benar maka manusia akan menyadari bahwa kuburan adalah rumah masa depan suatu saat.

Terdapat beberapa bacaan yang perlu Anda bacakan pada saat menyinggahi kuburan :

Ketika memasuki kawasan kuburan harus mengucapkan salam

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَآاَهْلَ الْقُبُوْرِ يَغْفِرُاللهُ لَنَا وَلَكُمْ اَنْتُمْ سَلَفُنَا وَنَحْنُ بِا ْلاَثَرِ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN