Siaga, Pesawat Tempur Lanud Abd Saleh Hentikan Paksa Pesawat Asing

 
Siaga, Pesawat Tempur Lanud Abd Saleh Hentikan Paksa Pesawat Asing

LADUNI.id, Malang - Pesawat Tempur Lanud Abd Saleh Henti Paksa Pesawat Asing setelah mendapatkan Informasi dari Satuan Radar (Satrad) 221 Ngliyep Rabu, 13/03/2019. Informasi tersebut adanya satu pesawat asing yang masuk Zone Area Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh tanpa ijin.

Selanjutnya, Pesawat tempur TNI AU Embraer Super Tucano dari Skadron Udara 21 Wing 2  segera mengejar pesawat tak dikenal dan tanpa flight clearance dari Mabes TNI maupun pemerintah R.I. dan mem-Force Down (Mendarat Paksa) pesawat tersebut di landasan pacu Lanud Abd. Saleh dan disambut dengan kesiapsiagaan tinggi oleh pasukan Pertahanan Pangkalan dengan peralatan lengkap.

Pesawat asing tersebut setelah mendarat dengan aman  dan diarahkan ke tempat yang steril yaitu di Titik Muat untuk dilaksanakan penangkapan terhadap crew pesawat tak dikenal dan menginterogasinya di kantor Ka Intel Lanud Abd Saleh dengan penjagaan ekstra ketat guna memperoleh keterangan yang lengkap dari crew pesawat Asing.

Komandan latihan Letkol Pnb Taufik Nur Cahyanto, mengatakan Kegiatan pendaratan paksa oleh pesawat tempur Super Tucano dari Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh terhadap pesawat tak dikenal tersebut adalah merupakan bagian rangkaian skenario Kegiatan Latihan Garuda Perkasa 2019 Lanud Abdulrachman Saleh yang beberapa hari lalu dibuka oleh Komandan Lanud Abd. Saleh Marsma TNI Hesly Paat. (pen/arif/ibn)