Kenali Musuhmu

 
Kenali Musuhmu

LADUNI.ID, Jakarta - Jangan menjadikan agama sebagai alat untuk memusuhi. Dan jangan menjadikan agama orang lain sebagai target utk dimusuhi. Karena mereka akan mengambil alasan yang sama untuk memusuhi agamamu. 

Jadikanlah agama sebagai alasan untuk menolong atas sesamamu. Jadikanlah agama sebagai alasan menebar kasih sayang atas sesamamu, maka mereka pun akan menjadikan kebaikanmu sebagai alasan membantu atas sesamamu.

Jadikanlah ketidakadilan, kebrutalan, kesemena-menaan, penindasan, korupsi sebagai lawan. Maka apapun agamamu kita akan berdiri di baris yang sama. Dee 

Kau tidak harus menjadi muslim untuk menolak kebrutalan teroris di Mesjid Selandia Baru. Dan kau tidak harus menjadi Kristen untuk mengutuk kebrutalan ISIS terhadap umat manusia dari agama manapun.

Apapun agamamu, golonganmu, apakah Sunni, Syiah, Katolik, Protestan, Budha, Hindu, Yazidi kita akan bersaudara dalam pemikiran yang sama, bahwa kebrutalan, ketidakadilan oleh siapapun kepada siapapun, adalah musuh kita bersama. 

Kemarin ada aksi brutal dari segelintir orang terhadap Muslim. Hari ini ada jutaan aksi simpati dari Non Muslim kepada Muslim.

Kita adalah 1 bangsa, bangsa Manusia.
Kita adalah 1 umat, umat manusia.
Kita hidup di Bumi yang sama, menatap Matahari, Bulan yang sama. 

Apapun ras dan keyakinanmu, hakekatnya kita tercipta oleh Tuhan yang sama.