Kyaiku Sang Fathonah

 
Kyaiku Sang Fathonah

LADUNI.ID, Jakarta - Tidak perlu heran dengan performance Kyai Ma'ruf Amin dalam debat semalam. Para Ulama yang memiliki derajat seperti Kyai Ma'ruf, rata-rata mereka cerdas. Ilmu politik, kesehatan, pendidikan, dan sosial budaya, masih kecil kesulitannya dibandingkan ilmu nahwu shorof, fiqih, bahkan tidak ada apa-apanya dibandingkan dgn ilmu hadist, tafsir, bahkan tasawuf.

Generasi muda khususnya muslim, sudah jarang melihat performance para Ulama Khos dalam berbicara, berargumentasi, dan beranalisa. Tidak heran banyak yang surprise melihat bagaimana Kyai Ma'ruf Amin begitu fokus, to the point, content yang padat, tidak ngglambyar, dan intonasi bicara yang keren tanpa meragukan.

Satu kekuatan mereka yang tidak miliki oleh sembarang orang: "Ruhiyah Knowledge" yang lebih sering disebut pengetahuan akan hakikat. Sebagaimana Gus Dur, Ulama Khos seperti beliau memiliki fundamental knowledge yang didasari oleh ketaqwaan kepada Allah Ta'ala sehingga sebagian besar pendapat yang diluncurkan adalah honest dan berusaha diniatkan karena Allah SWT.

Kewise-an ucapan dan ruh kalimatnya membawa yang mendengarkan bisa merasakan tujuan baik dari apa yang disampaikan.

Teman-temanku... begitu banyak para aulia yang begitu awesome, amaze us, dan mengesankan bagi setiap hati yang berdekatan dengan mereka, mereka bila bicara akan membuat kita terbelalak. Hal ini mungkin karena kita jarang melihat mereka bicara masalah dunia, jarang melihat mereka bicara didepan umum, jarang melihat mereka berdiskusi, sehingga generasi muda sekarang banyak meremehkan para ulama bersarung dan berkopyah yang dianggap Old Fashion dalam kemodernan kehidupan milenial.

Islam seharusnya ditampilkan seelegan Kyai Ma'ruf berdebat semalam. Sebuah contoh yang sangat bagus bagi generasi muda Muslim melihat style panutannya. Bukan dengan demo dan perilaku dengan ahklak yang unmanaged, anarkhis, dan berontak. Islam bisa ditampilkan dengan cara-cara Ilmuwan Kordoba memperkenalkan knowledge yang mampu mengubah dunia seperti sekarang walaupun teknologi itu dikembangkan dan digunakan oleh kaum eropa setelahnya.

Tidak salah bila saya katakan Kyai Ma'ruf adalah calon yang bisa mengimbangi  3 calon lainnya. Saya sangat bangga jadi putra NU. Islam itu Ahklak. Islam itu Fathonah (Cerdas).


Sulthonio Banna