Ma'had Aly Nurul Jadid Probolinggo

 
Ma'had Aly Nurul Jadid Probolinggo

PROFIL

Mahad Aly Nurul Jadid adalah sebuah lembaga kaderisasi ulama yang menerapkan model belajar konsentrasi Fiqih (Fiqih Muamalah). Lembaga ini berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur.
Komplek yang dipimpin langsung oleh K. Muhammad Al-Fayyadl, M.Fil. ini merupakan wilayah khusus untuk mahasantri yang menuntut ilmu di Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton. Berdiri pada tahun 2006 dengan konsentarsi da’wah kemudian vakum untuk beberapa tahun. Barulah pada tahun 2010 bangkit kembali dengan konsentrasi baru, yaitu Fiqh.

Komplek atau daerah mahasantri yang berdomisi di Ma’had Aly Nurul Jadid disebut dengan wilayah al-Amiri (J) untuk putra dan wilayah al-Lathifiyah untuk putri. Wilayah ini merupakan wilayah sateli dari Pondok Pesantren Nurul Jadid. Pasalnya hampir setiap kebijakan diambil oleh Mudir dan Mushrif komplek mahasantri tersebut tanpa campur tangan pengurus lain kecuali kebijakan umum dari pondok pusat yang harus diikuti.
Wilayah satelit merupakan sebutan khusus yang disematkan sebagai bentuk kemadirian dalam memanage kegiatan para mahasantrinya. Mereka diajarkan untuk membentuk komitmen dan jadwal sendiri yang kemudian dipertanggung jawabkan sendiri pula.

Dalam satuan lembaga Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton ini ada beberapa program tahapan. Tamhidiyah sebagai wadah para calon Mahasantri yang tidak lolos dalam tes seleksi masuk Ma’had Aly. Sehingga bagi pendaftar yang masih teguh pendiriannya untuk belajar di Ma’had Aly Nurul jadid dan tidak lolos, tidak perlu berputus asa karena masih bisa terus mengasah keilmuannya di program tamhidiyah. Para mahasantri belajar nahwu, shorof dan fathul qorib yang ditempuh selama satu tahun sebagai bekal untuk mendalami kitab-kitab yang lebih mendalam dan komprehensif pada tahun-tahun berikutnya.

Apabila dalam jangka waktu satu tahun itu mahasantri dinyatakan lulus, maka mereka menjalani perkuliahan sebagaimana perkuliahan pada umumnya. Sistem pembelajaran di Ma’had Aly Nurul Jadid menggunakan perpaduan dua sistem, yakni akademik dan takhossus. Kelas-kelas perkuliahan di setiap semester hingga mereka lulus disebut akademik. Sedangkan setelah kegiatan akademik, ada kegiatan takhossus. Kegiatan takhossus merupakan kegiatan pendalaman kitab yang di dampingi oleh wali asuh mahasantri masing-masing agar menuntaskan hafalan, pemahaman dan setoran kitab yang telah ditentukan di setiap tahunnya.


Visi dan Misi  
 Visi     :
“Pusat studi ilmu keislaman dan kaderisasi ulama, pewaris tradisi ilmiyah dan amaliyah salaf shalih dengan kompetensi mengaktualisasikan ilmu-ilmu agama bagi kemaslahatan umat manusia.”         
Misi :  

  1. Menyelenggarakan dan melaksanakan studi keislaman yang menyeluruh, utuh dan komprehensif
  2. Menyelenggarakan dan melaksanakan kaderisasi ahli ilmu-ilmu keislaman dengan membekali dan menanamkan tradisi ilmiyah dan amaliyah salaf shalih
  3. Menyelangagrakan dan melaksanakan system pendidikan pondok pesantren setingkat perguruan tinggi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Mengadakan perpustakaan yang representative bagi studi keislaman
  5. Menumbuhkembangkan berbagai program penelitia dan pengabdian pada masyarakat.

PROGRAM STUDI

  1. Tamhidiyah
  2. I'dadiyah
  3. Takhosus Fiqh dan Ushul Fiqh (fiqih Muamalah) Strata 1
     

ALAMAT

Jl. Kyai Haji Zaini Mun'Im, Desa Karanganyar, Paiton, Probolinggo.
Ma’had Aly Nurul Jadid, Pondok
Pesantren Nurul Jadid, Jawa Timur.


Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : nuruljadid.net
Email: info@mahadaly-nuruljadid.net


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.
AKTIFKAN NADA SAMBUNG PRIBADIMU