Tips Diet Alami Tanpa Membahayakan Kesehatan

 
Tips Diet Alami Tanpa Membahayakan Kesehatan

LADUNI.ID | -  Setiap orang pasti mendambakan bentuk tubuh yang ideal, terutama bagi kaum wanita. Selain untuk mempercantik penampilan juga untuk kesehatan tubuh. karena kelebihan berat badan (obesitas) akan berdampak buruk pada kesehatan dan memicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti kolesterol, diabetes, jantung dan lain-lain. 

Sebagian orang banyak yang mengambil jalan pintas untuk mendapatkan tubuh yang ideal seperti mengkonsumsi suplemen makanan atau obat kimia berbahaya yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan ada beberapa diet yang ekstrem dan menyebabkan gangguan kesehata. Oleh karena itu sangat penting memilih cara diet yang aman tanpa membahayakan kesehatan. 

Berikut terdapat beberapa tips untuk melakukan diet alami tanpa mengganggu kesehatan.  

1. Pilih makanan yang tepat, jangan melewatkan waktu makan

Pilihan makanan yang tepat memiliki peran yang penting dalam mencapai kesuksesan program diet. Pilihlah makanan yang kaya akan serat dan vitamin seperti yang terkandung di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Akan tetapi bukan berarti tidak boleh memakan nasi. Namun porsi nasi yang dimakan harus disesuaikan. karena peran nasi sebagai karbohidrat juga penting di dalam tubuh untuk memperoleh energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.  Hindarilah makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi seperti gorengan serta makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti minuman bersoda.  


2. Atur porsinya sesuai dengan kebutuhan
Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam melakukan program diet sehat adalah mengatur porsi makanan yang dimakan. Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Tentu, ini tidak bisa sembarangan menghitungnya. Biasanya bisa mengkonsultasikannya dengan ahli gizi.  Namun, bagi Anda yang memiliki berat badan, biasanya akan diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 1500 kalori.

Hal terpenting dalam menerapkan program diet sehat adalah menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang, yaitu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam satu kali makan.

3. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan
Olahraga sangatlah penting dilakukan dalam menjalani diet alami. Karena diet sehat alami tidak akan optimal jika tidak melakukan olahraga. Olahraga dapat mengeluarkan dan membakar kalori-kalori yang masuk ke dalam tubuh. Maka, sediakan waktu untuk berolahraga walaupun sesibuk apapun dengan pekerjaan lainnya. 

4. Menerapkan pola hidup sehat
tahap akhir dalam melakukan program diet sehat alami adalah menerapkan gaya atau pola hidup sehat. Beberapa pola hidup sehat yaitu dengan berhenti merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, tidur yang cukup, dan hindari bergadang.