Hukum Seorang Perempuan yang Masih Perawan Niat Mandi Agar Halal Disetubuhi

 
Hukum Seorang Perempuan yang Masih Perawan Niat Mandi Agar Halal Disetubuhi

PERTANYAAN :

Assalaamu 'alaikum. Tamara masih perawan saat usai haidh lalu hendak mandi, sewaktu mandi ia berniat sbb : ''aku berniat mandi guna menuntut agar halal disenggama'', absahkah niat dan mandinya? 

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Mandi bagi haid dengan niat untuk diperbolehkan diwaathi' hukumnya boleh / sah. Lihat Al Iqnaa' !/58 busyroo al karim 1/38 dan kitab Roudhah 1/87 :

ولو نوت الحائض استباحة الوطء صح على الأصح

IBAROT UMUM (AT-TANBIH) :

ومن أراد الغسل نوى الغسل من الـجنابة، أو الـحيض، أو نوى الغسل لاستباحة ما لا يستباح إلا بالغسل،

Barang siapa yang ingin mandi maka niatlah mandi dari jinabah atau haid.atau niat mandi untuk kebolehan sesuatu yang tidak boleh kecuali dengan mandi.

IBAROT KHUSUS (ALMAJMU) :

فرع: إذا نوت المغتسلة في الحيض استباحة وطء الزوج فثلاثة أوجه الأصح يصح غسلها وتستبيح الوطء والصلاة وغيرهما، لأنها نوت ما لا يستباح إلا بطهارة

Apabila seorang wanita niat mandi karena haid dengan niat kebolehan jima' dengan suami maka ada tiga wajah (pendapat),menurut qoul ashoh sah mandinya baik niat untuk kebolehan jima' ,sholat atau lainya karena ia niat dengan sesuatu yang tidak di perbolehkan saat haid kecuali dengan mandi.

أما إذا نوى إستباحة مس المصحف أو نوى الجنب أو المنقطع حيضها قراءة القرآن واللبث في المسجد، أو نوت إستباحة الوطء فإنهم يستبيحون ما نووا ـــ على المذهب الصحيح المشهور ـــ وبه قطع الأصحاب

Adapun apabila seseorang niat untuk kebolehan memegang mushaf atau niat seseorang yang junub atau seorang wanita yang terputus haidnya dengan niat kebolehan membava al qur'an ,diam di dalam masjid atau wanita yang haid dengan niat di perbolehkanya jima' maka mereka semua diperbolehkan niat seperti itu (artinya mandinya sah).

IBAROT LEBIH KHUSUS (TUHFATUL MUHTAJ) : sekalipun untuk berzina :

وَنِيَّةُ مُنْقَطِعَةِ حَيْضٍ اسْتِبَاحَةَ الْوَطْءِ وَلَوْ مُحَرَّمًا وَنَحْوَهَا نِهَايَةٌ وَقَوْلُهُ م ر وَلَوْ مُحَرَّمًا أَيْ كَالزِّنَا

Niat wanita yang terputus haidnya dengan niat kebolehan jima' walaupun jima'nya diharamkan seperti zina (mandinya sah).

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah