Doa Memohon Rahmat Allah SWT

 
Doa Memohon Rahmat Allah SWT
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam kehidupan di dunia ini setiap orang sangat membutuhkan rahmat atau kasih sayang dari dari Allah SWT. Dengan rahmat-Nya hidup ini kelak akan bisa dijalani sesuai dengan petunjuk Allah.

Allah SWT telah berjanji kepada setiap hamba-Nya akan mengabulkan doa. Kita semua diperintahkan agar senantiasa berdoa kepada-Nya. Allah berfirma di dalam Al-Quran; 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

"Dan Tuhan kalian telah berfirman: "Berdoalah kalian kepada-Ku, niscaya aku akan mengabulkannya..." (QS. Al-Mukminun: 40)

Dengan demikian tidak ada keraguan, bahwa doa merupakan media kita untuk memohon kepada Allah SWT. Selain perintah untuk berdoa kepada-Nya, Allah sekaligus juga memberikan kabar doa-doa yang direkam di dalam Al-Quran. Doa yang dulu pernah dibaca oleh orang-orang sholeh untuk memohon kepada Allah SWT.


Di antara doa tersebut terdapat di dalam Surat Al-Kahfi ayat 10. Doa inilah yang dulu juga dibaca oleh Ashabul Kahfi. Berikut ini doanya;

رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَداً

Wahai Tuhan kami, semoga Engkau berkenan memberikan rahmat (kasih sayang) dari sisi-Mu kepada kami dan menyediakan petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” (QS. Al-Kahfi: 10).

Doa ini bisa diamalkan secara konsisten selepas sholat lima waktu. Insya Allah anugerah rahmat atau kasih sayang Allah SWT akan senantiasa membimbing jalan kita dalam menjalani hidup ini dengan penuh keridhoan-Nya. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 30 Maret 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim