Penyebab Terjadinya Bau Mulut

 
Penyebab Terjadinya Bau Mulut

LADUNI.ID | -  Bau mulut merupakan masalah yang tidak bisa dianggap sepele. Karena masalah tersebut selain berdampak pada diri sendiri. Namun juga dapat mengganggu orang di sekitar kamu. Hal ini dapat membuat kamu dijauhi oleh orang-orang di sekitar sehingga muncul sifat minder untuk berkomunikasi. 

Seperti dikutip dari Boldsky.com, bakteri yang muncul pada mulut ini merupakan hal yang menyebabkan munculnya bau mulut. Hadirnya bakteri ini menyebabkan mulut menjadi bau ketika bernapas atau berbicara.

Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa "Halitosis atau bau mulut disebabkan oleh bakteri anaerob yang berada di permukaan lidah dan tenggorokan. Bakteri ini kemudian akan membuat senyawa sulfur yang bau saat bersinggungan dengan protein makanan yang kamu konsumsi."

"Senyawa-senyawa sulfur ini kemudian dibawa ke paru-paru dan dikeluarkan melalui napas sehingga terjadi bau mulut," sambung penelitian tersebut.

Penyebab munculnya bau mulut atau halistosis,  karena konsumsi sejumlah makanan dan minuman yang kemudian berubah menjadi mikroorganisme yang menimbulkan bau mulut.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa terdapat penyebab lain dari munculnya bau mulut seperti kekurangan vitamin B atau seng, diet, maupun puasa. Pasalnya, saat kamu sedang diet atau puasa, konsumsi air menjadi berkurang.

Ketiadaan dan kekurangan air ini menjadi salah satu penyebab mulut menjadi bau. Karena air berfungsi untuk membersihkan makanan penyebab bau mulut dan merangsang produksi air liur yang berkontribusi untuk mengurangi bau mulut juga.