Kekacawan Zaman Khilafah, Jawaban untuk Kwik Kian Gie

 
Kekacawan Zaman Khilafah, Jawaban untuk Kwik Kian Gie

LADUNI.ID, Jakarta - Seseorang yang mungkin akun aslinya pak Kwik Kian Gie menanyakan apakah ada kekacauan pada jaman Khilafah?

Saya Jawab:

Bukan hanya kekacauan bung. Jaman Salafussoleh memperebutkan Khilafah ada peristiwa Pemenggalan Kepala Sahabat Nabi.

1. Sahabat Nabi yang pertama dipenggal adalah Ammar bin Yasir dalam perang Shiffin lalu dibawa kehadapan Muawiya kemudian dua orang saling berebut masing-masing mengaku bahwa dialah memenggal Ammar bin Yasir direkam dalam kitab (Musnad Ahmad, hadis no. 6929, Thabaqat Ibnu Saad III/253)

2. Amr bin Hamik juga turut dipenggal karena dituduh membunuh Utsman, Amr bin Hamik bersembunyi di sebuah goa dan dibunuh di situ, tentara Muawiyah memisahkan kepala dan badan lalu kepalanya dibawa ke hadapan Muawiyah di kota Dimasqi lalu kepala Amr bin Hamik diarak sekeliling kota. Tercatat di (Thabaqat ibnu Saad VI/25, al Istiab II/140, al Bidayah VIII/48, Tahzib at Tadhzhib VIII/24)

3.  Muhammad bin Abu Bakar juga dipenggal ketika menjadi wali negeri Mesir. Tatkala Muawiyah menguasai negeri Mesir, Muhammad bin Abu Bakar dibunuh dengan cara dipenggal lalu jasadnya diletakkan di perut bangkai seekor himar lalu dibakar. Sejarah ini diiwayatkan di (al Istiab I/235, at Thabari IV/79, Ibnul Atsir III/180)

4. Numan bin Bisyr karena membela Abdullah bin Zubair. Kepalanya di penggal lalu dilemparkan ke pangkuan istrinya. Terrekam dalam kitab (Thabaqat Ibnu Saad IV/349-356, al Bidayah VIII/189-192)

5. Musab bin Zubair dieksekusi pula, kepalanya dipenggal lalu kepalanya dibawa berkeliling di kota Kufah dan Kota Mesir lalu dibawa dan digantung di Kota Damsyik. (Sumber Ibnul Atsir IV/14, Ibnu Khaldun III/35)

6. Pembunuhan Abdullah bin Zubair, Abdullah bin Shafwan, Umarah bin Hazm dengan memenggal kepala lalu kepala beliau dikirim ke Mekkah ke Madinah kemudian ke Damsyik dipertontonkan di setiap tempat lalu dikembalikan ke Mekkah dan digantung sampai membusuk. Sejarah ini diriwayatkan di (al Istiab I/353-354, at Thabari V/33-34, al Bidayah VIII/332)

Alhamdulillah di Jaman sekarang sekitar 3-5 tahun yang lalu di Suriah dan Iraq, ISIS ataupun Al Qaida mencontoh Khilafah jaman Salafussoleh dengan saling penggal kepala orang, bahkan sekelas Ibnu Zubair dan Putra Sayyidina Muhammad Abu Bakar Shiddiq  Saja diperlakukan sedemikian rupa. Sesama Islam aja saling penggal, apalagi non muslim.