Xiaomi Hentikan Update MIUI untuk 7 Smartphone

 
Xiaomi Hentikan Update MIUI untuk 7 Smartphone

LADUNI.ID - Xiaomi, vendor smartphone asal China mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan pembaruan software untuk sejumlah ponsel Xiaomi lawas.

Beberapa saat lalu, seorang admin komunitas Mi menyampaikan informasi tersebut melalui forum Mi Community China dan India.

Pihaknya mengatakan akan menghentikan distribusi developer ROM atau firmware untuk para pengembang kepada perangkat Xiaomi, lebih tepatnya seri Redmi, yang meluncur sebelum tahun 2016.

Dapat dipastikan, ponsel Xiaomi Redmi Note 3 atau Redmi 3S sudah tidak akan dapat pembaruan ROM developer atau ROM beta versi Global untuk versi MIUI terbaru Xiaomi yaitu MIUI 11.

Pihak Xiaomi juga menyarankan pemilik smartphone seri Redmi keluaran tahun 2016 ke bawah agar memperbarui ROM mereka ke versi stable, bukan versi developer, yang bertujuan untuk menghindari bug dan gangguan performa berlebih di ponsel Redmi lawas lantaran ROM developer biasanya sarat akan bug dan memang belum teruji stabil.

Meski demikian, tak menutup kemungkinan sederet ponsel Redmi ini bakal mendapatkan pembaruan keamanan dari Xiaomi di kemudian hari.

Adapun sejumlah smartphone Xiaomi seri Redmi yang tidak lagi mendapat update di masa depan, sebagaimana dilansir dari GSMArena, Sabtu (6/4/2019), adalah sebagai berikut:

- Xiaomi Redmi Note 4
- Xiaomi Redmi 3S
- Xiaomi Redmi 3X
- Xiaomi Redmi 4
- Xiaomi Redmi 4A
- Xiaomi Redmi Note 3
- Xiaomi Redmi Pro

Terkait firmware atau ROM, Xiaomi juga dikabarkan tengah mengembangkan ROM MIUI 11 yang bakal mendatangkan sejumlah fitur terbaru.