Jadi Target Serangan Udara Satu-satunya Bandara di Tripoli

 
Jadi Target Serangan Udara Satu-satunya Bandara di Tripoli

LADUNI. ID |- Libya. Pada Senin (8/4) dilaporkan satu-satunya bandara yang beroperasi di Tripoli menjadi sasaran serangan udara salah satu pihak bertikai di Libya. 

Satu pesawat melakukan serangan udara yang menargetkan landasan pacu di Bandara Mitiga. Berdasarkan informasi dari seorang sumber keamanan kepada AFP.

Sumber tersebut memastikan tak ada korban dalam serangan tersebut. Namun, ia belum dapat memastikan pihak yang bertanggung jawab atas gempuran tersebut.

Dua poros politik di Libya berseteru sejak Kamis pekan lalu, yaitu prajurit pro-pemerintah yang diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa, GNA, dan pasukan Panglima Khalifa Haftar selaku pendukung pemerintahan di Benghazi.


Pertikaian bermula ketika Haftar mengerahkan Pasukan Nasional Libya (LNA) untuk menguasai Tripoli dengan bantuan pasukan pemerintah Benghazi. Pasukan pro-GNA pun menggelar operasi Gunung Api Amarah untuk melawan.

Pada peristiwa baku hantam ini sudah menewaskan setidaknya 32 orang, sementara 50 lainnya luka-luka.

Serangan Haftar kali ini membuyarkan permintaan PBB agar pemerintah Libya di Benghazi dan Tropoli berunding pada 14-16 April mendatang untuk menentukan pemilihan. Rezim Khadaffi menyiksa, membunuh dan menghilangkan paksa para penentang dan lawan politiknya. Namun demikian, Haftar menyatakan memusuhi kelompok bersenjata dan militan
.