Penjelasan Mengenai Umur Umat Islam Sampai 1500 Tahun

 
Penjelasan Mengenai Umur Umat Islam Sampai 1500 Tahun

PERTANYAAN

Assalaam’alaikum Langsung ke pertanyaan saja, Apakah benar ada hadist yang diceritakan oleh Syaikh Ibnu Hajar Al-’Asqolani, hadis tersebut menerangkan bahwa umur ummat nabi Muhammad saw hanya sampai 1500 tahun ? Jikalah ada saya pengen tau ada di kitab apa hadist itu dan di dalam bab apa ?

 

JAWABAN

Wa’alaikumussalaam warahmatullaah. Berikut pemaparan Ustadz M. Ma’ruf Khozin Pengasuh Kajian Aswaja, Majalah AULA :

Berawal dari diutusnya Rasulullah di akhir zaman, para ulama ada yang menafsirkan bahwa masa akhir zaman tidaklah lama. Dalam sebuah hadis Nabi menyebut masa umat Islam diantara umat lain sebelumnya adalah seperti waktu Ashar ke Maghrib. (HR al-Bukhari).

Dari hadis ini al-Hafidz Ibnu Hajar berkata:

ﻭاﺳﺘﺪﻝ ﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺑﻘﺎء ﻫﺬﻩ اﻷﻣﺔ ﻳﺰﻳﺪ ﻋﻠﻰ اﻷﻟﻒ ﻷﻧﻪ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺃﻥ ﻣﺪﺓ اﻟﻴﻬﻮﺩ ﻧﻈﻴﺮ ﻣﺪﺗﻲ اﻟﻨﺼﺎﺭﻯ ﻭاﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻭﻗﺪ اﺗﻔﻖ ﺃﻫﻞ اﻟﻨﻘﻞ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻣﺪﺓ اﻟﻴﻬﻮﺩ ﺇﻟﻰ ﺑﻌﺜﺔ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻧﺖ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺃﻟﻔﻲ ﺳﻨﺔ

Hadis ini dijadikan dalil bahwa umat Muhammad akan tetap ada lebih dari 1000 tahun. Sebab masa Yahudi adalah 2x lipat dari masa Nasrani dan Islam. Ahli sejarah sepakat bahwa masa Yahudi sampai diutusnya Nabi shalla Allahu alaihi wa sallama adalah lebih dari 2000 tahun (Fathul Bari 4/449).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN