Gejala Flu pada Anak yang Harus Orangtua Waspadai

 
Gejala Flu pada Anak yang Harus Orangtua Waspadai

LADUNI.ID, Jakarta - Salah satu penyakit yang kerap kali menghampiri si Kecil adalah flu. Jarang atau seringnya anak terkena flu tergantung pada daya tahan atau imunitas tubuh anak. Namun, ada beberapa gejala flu yang sebaiknya diwaspadai oleh orangtua.

Seperti kita ketahui bahwa flu tidak ada obatnya. Apalagi pada anak berumur di bawah 6 tahun, Jadi bunda tidak boleh memberinya sembarangan obat yang dokter pun melarangnya.

Sesering apapun terkena flu, atau berapa lamanya flu seperti 3 sampai seminggu jika tidak disertai gejala seperti demam, sesak nafas, dan batuk parah, maka normal -normal saja. Buah hati bunda hanya perlu istirahat yang cukup. Dan melakukan penanganan jika hidung si Kecil tersumbat.

Anak di bawah 6 tahun umumnya rentan terserang flu karena bakteri, virus atau kuman yang tertular. Flu atau pilek sering di alami buah hati anda dan umumnya normal jika Anda memperhatikan gejalanya. Anda perlu mewaspadai jika terjadi hal berikut ini:

1. Flu disertai demam tinggi

2. Disertai batuk dan sesak nafas

3. Demam tak kunjung reda setelah 3 hari

4. Perubahan pola makan dan tidur. Tidak mau makan, susah tidur dan rewel

5. Bayi menangis saat menyusui dan enggan menyusu, mata berair, atau muncul kotoran mata

7. Flu atau pilek tak kunjung sembuh lebih dari seminggu

Dengan memperhatikan gejala flu yang di alami si Kecil, maka bunda tidak perlu khawatir lagi dan bisa melakukan tindakan dan penanganan yang tepat untuk si buah hati.