Putra Mahkota Saudi: Indonesia Beruntung Miliki Pemimpin yang Jelas dan Maju

 
Putra Mahkota Saudi: Indonesia Beruntung Miliki Pemimpin yang Jelas dan Maju

LADUNI.ID, Jakarta – Dalam kunjungannya ke Riyadh, Presiden Jokowi disambut dengan hangat oleh Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman dalam pertemuan di Istana Putra Mahkota, Minggu malam (14/4).

Dalam pertemuan tersebut, selain melakukan pertemuan bilateral, Putra Mahkota yang dikenal dengan inisial MBS, juga menjamu Presiden ketujuh RI itu dalam santap malam bersama.

Pada kesempatan itu, Menteri Luar Retno Marsudi yang turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut mengatakan bahwa Indonesia - Arab Saudi sepakat untuk membentuk mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan setahun sekali.

“Indonesia - Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerjasama ekonomi lain,” terang Retno.

Lebih dari itu, Arab Saudi tertarik melakukan kerja sama di bidang energi dan petro kimia. Hal ini disampaikan kembali oleh Putra Mahkota. Jokowi bahkan menyampaikan bahwa Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Vision 2030 Arab Saudi.

“Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Indonesia dinilai beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju,” tutur Retno.

Putra Mahkota dalam kesempatan itu menyampaikan lagi keputusan penambahan kembali kuota haji sebesar 10.000 bagi Indonesia.

Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.