Tandai Gejala Autis pada Anak Sejak Dini

 
Tandai Gejala Autis pada  Anak Sejak Dini

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, autisme adalah gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan penderita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Autisme sekarang disebut sebagai gangguan spektrum autisme atau autism spectrum disorder (ASD). Hal ini karena gejala dan tingkat keparahannya bervariasi pada tiap penderita.

Terkait hal tersebut, ternyata kita dapat mendeteksi gajala autis pada sianak sejak dini. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, bahwa gejala autisme dapat dikenali pada bayi sejak tahun pertama kehidupannya. 

Johnson, seorang direktur dari Center for Brain and Cognitive Development at Birkbeck College, University of London menjelaskan, bahwa berat bayi yang kurang menjadi salah satu potensi mengidap autisme. Hal itu dikarakteristikkan oleh respon otak yang berbeda ketimbang bayi lainnya.

Temuan ini merupakan kesimpulan dari 104 penelitian yang dilakukan pada bayi usia 6-10 bulan dan penelitian dilanjutkan lagi ketika mereka berusia 3 tahun. Namun, untuk keperluan penelitian tersebut, para peneliti menggunakan sensor pasif pada kulit kepala bayi. Perangkat tersebut mampu mencatat aktivitas otak seiring wajah bayi dihadapkan dengan yang lainnya. Di sini, juga ditemukan bahwa anak yang menderita autisme memiliki pola yang tidak biasa saat merespon kontak mata dengan yang lainnya, mereka akan langsung memalingkan wajah jika dihadapkan langsung dengan bayi lain.