Karomah Kiai Abdul Karim: Santrinya Bisa Mendengar Bahkan di Jarak 5 Km

 
Karomah Kiai Abdul Karim: Santrinya Bisa Mendengar Bahkan di Jarak 5 Km

LADUNI.ID, Jakarta – Kiai Abdul Karim Lirboyo, Kediri adalah tokoh ulama yang dikenal sangat sederhana. Akan tetapi, di balik kesederhanaan tersebut, Kiai Abdul Karim adalah sosok yang sangat tinggi ilmunya, penuh dengan kearifan.

Hal ini diceritakan oleh M. Syakur Dewa atau yang akrab disapa Gus Dewa dalam sebuah videonya. Gus Dewa menceritakan, meskipun kiai Abdul Karim seorang yang sangat kaya, tetapi rumah beliau dimasuki kucing 25 ekor saja bisa.

“Kiai Abdul Karim Lirboyo itu sangat kaya, tapi bagaimana beliau, rumahnya itu, itu dimasuki kucing 25 cukup. Itu mbah Abdul Karim, kata ayah saya. Penuh ilmu, penuh kearifan. Tapi beliau, rumahnya dimasuki kucing 25 cukup,” jelas Gus Dewa dalam salah satu videonya.

Gus Dewa juga menjelaskan bahwa, salah satu karomah yang dimiliki oleh Kiai Abdul Karim adalah ketika santri beliau tidak diridhai, maka santri tersebut tidak akan mendengar pesan-pesan beliau.

“Beliau punya karomah, kalau santri tidak diridhai, maka dekat pun tidak dengar beliau bicara. Tapi kalau santri diridhai, jarak jauh pun bisa dengar. 3 kilo meter, 5 kilo meter, bisa dengar dawuh-dawuhnya kiai Abdul Karim Lirboyo,” terang Gus Dewa.

Bahkan, lebih dari itu, Gus Dewa juga memaparkan bahwa sekarang ini sudah jarang ada ulama seperti Mbah Yai Abdul Karim Lirboyo tersebut.

“Lho itu tanpa satelit beliau, beliau tanpa satelit. Satelitnya adalah mauhubah rabbaniyah dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Ulama yang seperti ini mulai langka dari kita. Masyaa Allah…,” pungkas Gus Dewa.