Berbagai Persiapan Pra Ramadhan

 
Berbagai Persiapan Pra Ramadhan

LADUNI.ID, KEAGMAAN- Menjelang tibanya syahrul Mubarak ini, fenomena yang terjadi dalam masyarakat kita yang biasa disemarakkan oleh berbagai kegiatan serimonial dan positif keagamaan dibingkai dengan nama Marhaban ya Ramadhan.

Kegiatan semacam ini oleh mayoritas masyarakat dijadikan sebagai momentum untuk berbenah diri, membersihkan hati dan mempererat kembali tali silaturrahim dengan sanak famili.

Melakukan wisata rohani berupa menziarahi kuburan leluhur dan orang tua disamping membersihkan maqbarah-nya serta berbagai aktivitas keagamaan lainnya.

Namun fenomena ini tidak sedikit masyarakat berekreasi ke tempat wisata untuk “bertaubat” diri dari pahala alias bermaksiat diri dengan memadu cinta dengan lawan jenis dan maksiat lainnya.

Mungkin syaitan membisikan dalam hati mereka bahwa bulan Ramadhan itu sebagai momentum untuk bertobat nantinya, sekarang waktunya di “minggu terakhir” Ramadhan untuk “menabung” dosa dan bermaksiat terlebih dulu. Semoga perspesi semacam ini tidak terpatri dalam dada generasi kita.

Menyambut sosok tamu “Ramadhan” akan terasa lebih indah jika kita memprioritaskan diri untuk tazkiyatun nafsi (membersihkan jiwa) dan melakukan persiapan fisik dan mental serta berbagai kajian keagamaan untuk menyambut tamu yang agung tersebut.

Siapa yang tidak senang dan gembira menyambut tamu agung, laksana seorang permaisuri yang menyambut kedatangan sang pangeran yang tampan dan menawan?

Entah bagaimana perasaan dan luapan cinta yang menggebu ketika sedang menunggu saat-saat yang mendebarkan hati tersebut? Terlebih sudah ditunggu-tunggu selama sebelas bulan.

*Helmi Abu Bakar ellangkawi,