Mencapai Kesempurnaan Iman dengan 5 Akhlak Ini

 
Mencapai Kesempurnaan Iman dengan 5 Akhlak Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam salah satu hadits Nabi Muhammad SAW disebutkan bahwa untuk meningkatkan iman kita ke tahap sempurna adalah dengan akhlak. Akhlak menjadi pangkal dari kesempurnaan iman seseorang. Seperti sabda Rasulullah SAW, orang Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang paling baik akhlaknya.

Ada lima akhlak yang menjadi pangkal untuk seseorang mencapai kesempurnaan imannya, apa saja itu?

  1. Qanaah

Qanaah berarti cukup. Dalam ajaran akhlak, qanaah berarti merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan menjauh dari sikap tidak puas atau merasa kurang.

  1. Sabar

Sabar berarti menahan diri dalam menanggung suatu penderitaan, baik dalam menemukan sesuatu yang tidak diingini maupun dalam bentuk kehilangan sesuatu yang disayangi.

  1. Istiqamah

Istiqamah dapat diartikan dengan berpegang teguh pada pendirian (konsisten). Istiqamah adalah memiliki pendirian yang teguh dalam meyakini suatu kebenaran, tidak merubah pendirian itu dalam kondisi apapun, baik dalam keadaan susah maupun senang, dalam keadaan sendirian maupun berkelompok.

  1. Zuhd

Zuhd menurut arti bahasa adalah kurang memiliki kemauan terhadap sesuatu. Zuhd dalam istilah agama adalah suatu pola hidup yang menghindari dan meninggalkan keduniawian karena ibadah kepada Allah SWT, serta lebih mencintai kehdidupan akhirat.

  1. Tasamuh

Tasamuh memiliki arti toleransi, tenggang rasa atau saling menghargai. Tasamuh adalah suatu sikap yang senantiasa saling menghargai antar sesama manusia. Sikap menghargai antar sesama manusia ini diwujudkan dengan tidak membedakan warna kulit, suku, ras, agama, status sosial dan jabatan.

Inilah lima akhlak yang menjadi pangkal untuk seorang muslim mencapai keimanan yang sempurna. Jika kelima ini dapat dilakukan oleh seorang muslim, maka insyaAllah telah sempurna keimanannya. Wallahu a’lam bisshawab


Sumber: Dr. H. Hammis Syafaq dkk., Pengantar Studi Islam, (Surabaya: IAINSA Press, 2011)