Tips Mencegah Kurangnya Nutrisi Pada Saat Berpuasa

 
Tips Mencegah Kurangnya Nutrisi Pada Saat Berpuasa

LADUNI.ID, Jakarta - Pada saat puasa sangat penting menjaga nutrisi dan kadar cairan di dalam tubuh. Karena pada kondisi tersebut  seharian penuh kita tidak mengkonsumsi makana dan minuman. Lalu, bagaimana caranya agar nutrisi tetap tercukupi selama puasa ? Hal ini tentu saja bisa disiasati dengan beberapa cara, diantaranya adalah makan ketika berbuka dan sahur dengan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi ataupun juga dapat meminum suplemen makanan ketika hendak berpuasa. 

Dr Suci Sutinah Diah Suksmasar, selaku Medical Advisor Bayer Indonesia, menjelaskan bahwa nutrisi selama puasa dapat pula dicukupi dengan mengkonsumsi suplemen makanan. 

"Mikronutrien seperti vitamin dan mineral dibutuhkan. Penurunan asupan saat puasa terjadi karena tubuh bekerja dua kali lebih keras saat puasa," Ungkap Suci.

Suci menambahkan, bahwa bagi anak-anak yang mau belajar puasa juga dapat diberikan suplemen makanan, namun tentu saja suplemen mereka berbeda dengan suplemen makanan orang dewasa. Carilah vitamin khusus untuk anak-anak. karena sistem pencernaan anak-anak masih berkembang jadi vitamin yang dikonsumsi harus menyesuaikan kondisi tubuh anak.

Lalu, kapan sebaiknya mengkonsumsi suplemen makanan tersebut. Menurut beberapa ahli, menyarankan bahwa suplemen makanan sebaiknya dikonsumsi pada saat sahur saja. Hal ini dikerenakan vitamin lebih mudah untuk diserap tubuh saat dikonsumsi bersama makanan. Kemudian, penggunaan suplemen saat puasa juga harus diimbangi dengan air putih yang cukup.