Cara Praktis Mencegah Keringnya Bibir Saat Berpuasa

 
Cara Praktis Mencegah Keringnya Bibir Saat Berpuasa

LADUNI.ID, Jakarta -  Keringnya bibir saat berpuasa sering menjadi masalah bagi sebagian orang. Namun hal ini merupakan sesuatu yang lumrah. Mengingat  pada saat berpuasa, kita tidak minum dan makan sehingga anggota tubuh kita mengalami kekurangan cairan. Namun jangan khawatir, hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara mudah berikut ini : 

1. Perbanyaklah Minum Air Putih Saat Buka dan Sahur

Sebagaimana diketahui, bahwa kebutuhan air dalam tubuh per hari adalah sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas air. Oleh karena itu, kita dapat membaginya untuk diminum ketika sahur dan berbuka. Sehingga pada saat berpuasa di siang hari bibir kita tetap terhindar dari dehidrasi dan tidak mengalami pecah-pecah atau kekeringan.

2. Oleskan Madu di Bibir Sebelum Makan Sahur 

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang terkenal akan manfaat kelembapannya. Sehingga sangat baik untuk kamu mengoleskan madu di bibir sebelum makan sahur sehingga bibir masih akan terasa lembap pada siang harinya. Tapi jangan lupa mencuci bibir sebelum waktu puasa dimulai.

3. Makan Sayur dan Buah Saat Buka 

Tidak diragukan lagi, bahwa sayuran dan buah-buahan terkenal kaya akan vitamin dan mineral, salah satunya adalah kandungan vitamin C. Sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi bibir kering. 

4. Hindarilah Menjilat Bibir

Banyak yang beranggapan dengan menjilat bibir yang kering akan membuat bibir lembab. ternyata itu salah, karena bibir hanya akan lembap untuk sementara dan akan lebih kering setelah itu bila kamu menjilatinya. Permukaan lidah yang kasar berperan dalam menghilangkan kelembapan bibir kamu. Sehingga bibir menjadi kering dan bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah.

5. Hindarilah Makanan Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin dapat membuat bibir kita menjadi kering. Sehingga lebih baik menghindari makanan yang bersifat pedas dan asin pada saat berbuka dan sahur.

6. Tempelkanlah Mentimun di Bibir Saat Buka dan Sahur 

Cara lainnya untuk mencegah bibir kering adalah menggunakan mentimun. Kita bisa mengiris timun secukupnya lalu memasukkannya ke dalam air dingin, kemudian oleskanlah ke bibir ketika berbuka puasa maupun saat sahur.