Sejumlah Bahan Herbal yang Dapat Menghilangkan Bau Badan

 
Sejumlah Bahan Herbal yang Dapat Menghilangkan Bau Badan

LADUNI.ID, Jakarta -  Bau badan merupakan masalah yang sangat mengganggu baik bagi si penderita maupun orang di sekitarnya. Seseorang yang memiliki bau badan tidak sedap akan merasa tidak percaya diri apabila berada di tempat umum. Kemudian, orang di sekitarnya juga akan menghindari seseorang yang memiliki aroma badan tidak sedap. Sehingga situasi tersebut menjadi sangat tidak nyaman. 

Biasanya bau badan disebabkan karena kelebihan keringat. Pada dasarnya keringat memang tidak berbau, namun keringat yang menempel terlalu lama di badan akan bercampur dengan bakteri sehingga akan menimbulkan bau badan. 

Berikut terdapat sejumlah bahan herbal yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan :

1. Bunga rosemary
Bunga rosemary merupakan  bunga yang mengandung kaya minyak atsiri, Sehingga bunga ini dipercaya sebagai ramuan herbal ang dapat menghilangkan bau badan. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan langsung minyak esensial rosemary pada ketiak. 

2. Daun jambu biji
Daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menghilangkan bau badan. Daun jambu biji memiliki kandungan mineral dan anti-bakteri yang mampu membunuh kuman penyebab bau badan. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan 3 lembar daun jambu biji lalu ooleskan pada ketiak dan diamkan selama 15 menit.

3. Daun sirih
Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, niacin, Vitamin C, karoten, tiamin dan riboflavin. Daun sirih bisa dimanfaatkan sebagai cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat. Cara menggunakannya adalah Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air, kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi.

4. Jahe
Jahe kaya akan gingerol, filandrena, kurkumen, resin pahit, zingiberol, bisabolena dan minyak atsiri. Seperti yang sudah sering dijelaskan di atas minyak atsiri sangat bermanfaat sebagai penghilang bau badan. Dengan meminum wedang jahe sehari sekali secara rutin akan membantu untuk menghilangkan bau badan.

5. Mentimun
Mentimun memiliki zat seng, tembaga, zat besi, fosfor, asam pantotenat, B-6, folat, thiamin, riboflavin, kalsium, vitamin K, vitamin C, magnesium, vitamin A, kalium dan mangan. Zat-zat tersebut dapat berkhasiat untuk menghilangkan bau badan. Cara menggunakannya adalah cukup menggunakan mentimun sebagai masker pada ketiak dan gunakan dua kali seminggu secara rutin.