Utusan Trump Kushner, Greenblatt di Timur Tengah untuk Mencari Dukungan Rencana Perdamaian

 
Utusan Trump Kushner, Greenblatt di Timur Tengah untuk Mencari Dukungan Rencana Perdamaian

LADUNI.ID, Kushner, utusan Timur Tengah Jason Greenblatt dan Perwakilan Khusus AS untuk Iran dan ajudan Kushner Avi Berkowitz memulai perjalanan mereka di Rabat dan akan melakukan perjalanan ke Amman dan Yerusalem, tiba di Israel pada hari Kamis.

Penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner memimpin delegasi A.S. di perhentian di Timur Tengah minggu ini mencari dukungan untuk lokakarya akhir Juni yang bertujuan membantu Palestina, seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pada hari Selasa.

Kushner akan menghadiri konferensi Bilderberg di Montreux, Swiss, di mana ia diharapkan menjadi pembicara, pada akhir minggu dan kemudian akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di London ketika presiden melakukan kunjungan kenegaraan di sana minggu depan.

Perjalanan itu mirip dengan yang dilakukan Kushner dan Greenblatt pada Februari di negara-negara Teluk untuk menggalang dukungan bagi bagian ekonomi dari rencana perdamaian Timur Tengah yang telah mereka kembangkan atas nama Trump.

Pejabat itu mengatakan satu alasan untuk perjalanan minggu ini adalah untuk mendukung dukungan konferensi 25-26 Juni di Manama, Bahrain, di mana Kushner akan mengungkap bagian pertama dari rencana perdamaian Israel-Palestina yang telah lama ditunggu-tunggu Trump.

Rencana tersebut, yang disebut-sebut oleh Trump sebagai "kesepakatan abad ini," adalah untuk mendorong investasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza oleh negara-negara donor Arab sebelum bergulat dengan isu-isu politik yang sulit di jantung konflik.

Para pemimpin Palestina sangat kritis terhadap upaya ini. Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mengatakan mereka akan berpartisipasi, dan seorang pejabat senior A.S. mengatakan para pejabat dari Qatar mengatakan secara pribadi negara mereka juga akan hadir.

Sebuah sumber yang mengetahui perencanaan mengatakan bahwa tampaknya Mesir, Yordania dan Oman, serta negara-negara G7, akan mengirim perwakilan ke konferensi.

Para peserta konferensi di Manama diharapkan akan mencakup 300 hingga 400 perwakilan dan eksekutif bisnis dari Eropa, Timur Tengah dan Asia, dan mungkin beberapa pemimpin bisnis Palestina.

Baca Juga

Perang Dagang Akan Menyebabkan Perlambatan Ekonomi Global

Global Payment Membeli TSYS Sebesar $ 21,5 Miliar dalam Kesepakatan Fintech Terbaru