Wakil Presiden AS dan P.M. Kanada Membahas Masalah Perdagangan Huawei dan China di Ottawa

 
Wakil Presiden AS dan P.M. Kanada Membahas Masalah Perdagangan Huawei dan China di Ottawa

LADUNI.ID, Wakil Presiden AS Mike Pence dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan membahas perselisihan bersama negara mereka dengan China mengenai Huawei dalam pertemuan di Ottawa pada hari Kamis, kata seorang pejabat senior pemerintah AS.

Pence, yang dikenal karena mengambil garis keras terhadap China, akan melakukan perjalanan ke ibukota Kanada untuk membahas masalah perdagangan, termasuk Huawei Technologies Co Ltd, pembuat peralatan jaringan telekomunikasi terbesar di dunia, yang telah dipindahkan Washington untuk mengisolasikannya.

"Kanada telah menjadi sekutu dekat dalam cara mereka mendekati hubungan mereka dengan China - dan mungkin ada beberapa pembicaraan tentang Huawei," kata pejabat itu kepada wartawan, yang berbicara dengan syarat anonim.

Washington menuduh Huawei terikat pada pemerintah China, dan telah secara efektif melarang perusahaan-perusahaan AS melakukan bisnis dengan perusahaan itu untuk alasan keamanan nasional.

Perselisihan itu menyebar ke Kanada tahun lalu, dan Ottawa telah menyatakan frustrasi atas apa yang dilihatnya sebagai respons AS yang tidak bersemangat terhadap tindakan keras Tiongkok.

Pada bulan Desember, Kanada menangkap Kepala Keuangan Huawei Meng Wangzhou dengan surat perintah A.S. Dia menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat dengan tuduhan dia berkonspirasi untuk menipu bank global tentang hubungan Huawei dengan perusahaan yang beroperasi di Iran. Dia dan perusahaan telah membantah tuduhan itu.

Tidak lama setelah penangkapannya, pengusaha Kanada Michael Spavor dan mantan diplomat Michael Kovrig ditahan di Tiongkok, dan secara resmi ditangkap karena melakukan spionase awal bulan ini. Kanada menyebut penahanan Kanada sewenang-wenang.

China juga telah memotong impor komoditas utama Kanada, yang merugikan petani.

"Harapkan beberapa hasil yang sangat nyata dari diskusi mereka sehubungan dengan China yang akan kami bagikan besok," kata pejabat kedua A.S. kepada wartawan. Para pejabat menolak mengatakan apakah Pence akan menawarkan bantuan Kanada pada penahanan dan penghentian perdagangan.

Pence juga berencana untuk membuat pidato terpisah dalam beberapa hari mendatang tentang "keadaan terkini" di China, kata para pejabat itu.

Pidato tersebut dipandang sebagai kelanjutan dari salah satu yang diberikan Pence pada Oktober, ketika ia menuduh Cina melakukan tindakan militer yang sembrono, serangan dunia maya dan pelanggaran hak asasi manusia, serta upaya "memfitnah" untuk merusak kampanye pemilihan ulang Trump pada tahun 2020.

Masalah Huawei adalah snafu terkait perdagangan terbaru untuk mengguncang hubungan antara Amerika Serikat dan Kanada - biasanya dua dari sekutu terdekat dunia - sejak Presiden Donald Trump berkuasa.

Salah satu tindakan pertama Trump adalah merombak 25 tahun Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara dengan Kanada dan Meksiko, yang ia sebut sebagai salah satu perjanjian perdagangan terburuk yang pernah dibuat.

Tetapi sekarang setelah ketiga negara menyetujui penggantian, Pence telah berkeliling negara-negara bagian yang bergantung pada perdagangan AS untuk mendesak pengesahannya melalui Kongres. Dia akan menempatkan kesepakatan baru - Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada atau USMCA - depan dan tengah selama perjalanan pertamanya ke Kanada sebagai wakil presiden.

Kedua pemimpin itu juga diperkirakan akan membahas krisis politik di Venezuela. Pence telah memainkan peran utama dalam upaya diplomatik dan ekonomi pemerintahan Trump untuk memaksa Presiden Nicolas Maduro keluar.

Baik Washington dan Ottawa telah mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido, yang memohon konstitusi Venezuela pada Januari untuk menyatakan dirinya sebagai presiden sementara, dengan alasan bahwa pemilihan kembali Maduro pada 2018 tidak sah.

Pemerintahan Trump telah mengancam garis yang lebih keras terhadap Kuba atas dukungannya terhadap Maduro, tetapi Trudeau telah menjangkau Havana untuk meminta bantuannya dalam menyelesaikan konflik politik di Venezuela.