Pertumbuhan Ekonomi A.S. Dipercepat Pada Kuartal Pertama, tetapi Momentum Melambat

 
Pertumbuhan Ekonomi A.S. Dipercepat Pada Kuartal Pertama, tetapi Momentum Melambat

LADUNI.ID, Pertumbuhan ekonomi A.S. dipercepat pada kuartal pertama, tetapi tekanan inflasi jauh lebih lemah dari yang diperkirakan, mendukung keputusan baru-baru ini oleh Federal Reserve untuk menunda kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Ada juga tanda-tanda bahwa momentum yang didorong oleh ekspor dan inventaris memudar pada awal kuartal kedua. Manufaktur, penjualan ritel, perumahan dan ekspor turun di bulan April.

Bank sentral AS awal tahun ini menghentikan kampanye pengetatan kebijakan moneter tiga tahun, menjatuhkan perkiraan untuk setiap kenaikan suku bunga tahun ini. The Fed menaikkan biaya pinjaman empat kali pada 2018.

Produk domestik bruto meningkat pada tingkat tahunan 3,1%, pemerintah mengatakan dalam pembacaan kedua dari PDB kuartal pertama pada hari Kamis. Itu sedikit turun dari laju 3,2% yang diperkirakan bulan lalu. Ekonomi tumbuh pada laju 2,2% pada periode Oktober-Desember.

Ukuran inflasi yang dilacak oleh The Fed meningkat pada tingkat 1,0% kuartal terakhir, bukan kecepatan 1,3% yang dilaporkan sebelumnya. Pembuat kebijakan The Fed cenderung mengabaikan percepatan pertumbuhan kuartal terakhir dan fokus pada permintaan domestik yang lemah dan inflasi ketika mereka bertemu bulan depan.

Sementara pemerintah memangkas estimasi awal untuk investasi inventori, pertumbuhan ekspor dinaikkan. Dua komponen yang mudah menguap ini adalah pendorong utama kenaikan PDB pada kuartal pertama.

Ada revisi kecil ke atas untuk pertumbuhan belanja konsumen. Pengeluaran bisnis untuk peralatan sebenarnya mengalami kontraksi pada kuartal terakhir, sementara pasar perumahan lebih lemah dari perkiraan semula.

Revisi pertumbuhan PDB kuartal pertama sejalan dengan harapan para ekonom. Tidak termasuk perdagangan, persediaan, dan pengeluaran pemerintah, ekonomi tumbuh pada tingkat 1,3% seperti yang dilaporkan bulan lalu. Itu yang paling lambat sejak kuartal kedua 2013. Ekonomi akan menandai 10 tahun ekspansi pada bulan Juli, terpanjang dalam catatan.

Perlambatan pertumbuhan saat ini sebagian besar mencerminkan stimulus memudar dari pemotongan pajak yang besar dan kuat dari pemerintahan Trump tahun lalu. Perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina juga terlihat melukai perekonomian. Perkiraan pertumbuhan untuk kuartal kedua berada di bawah kecepatan 2,0%.

Pemerintah juga melaporkan pada hari Kamis setelah laba pajak tanpa penilaian inventaris dan penyesuaian konsumsi modal, yang sesuai dengan laba S&P 500, turun pada tingkat 0,8% atau $ 15,9 miliar pada kuartal pertama setelah jatuh pada kecepatan 1,7% atau $ 34,2 miliar pada kuartal keempat.

Ukuran alternatif pertumbuhan ekonomi, pendapatan domestik bruto (GDI), meningkat pada tingkat 1,4% pada kuartal pertama, dibandingkan dengan laju 0,5% kuartal keempat.

Rata-rata PDB dan GDI, juga disebut sebagai output domestik bruto dan dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari kegiatan ekonomi, meningkat pada tingkat 2,2% pada periode Januari-Maret, naik dari laju pertumbuhan 1,3% pada kuartal keempat.

Pasar keuangan A.S. sedikit bergerak oleh data PDB.

Pertumbuhan ekspor pada kuartal pertama direvisi hingga tingkat 4,8%, melebihi peningkatan impor. Akibatnya, perdagangan menambahkan 0,96 poin persentase ke PDB daripada 1,03 poin persentase yang diperkirakan bulan lalu. Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina telah menyebabkan ayunan liar dalam defisit perdagangan, dengan eksportir dan importir berusaha untuk tetap di depan dari pertarungan tarif antara kedua raksasa ekonomi.

Kebuntuan juga berdampak pada persediaan. Pertumbuhan inventaris direvisi turun ke tingkat $ 125,5 miliar di kuartal pertama dari laju yang sebelumnya diperkirakan $ 128,4 miliar.

Bagian dari inventaris adalah karena lemahnya permintaan, terutama di sektor otomotif, yang membebani produksi di pabrik. Persediaan menyumbang 0,60 poin persentase ke PDB kuartal pertama, daripada 0,65 poin persentase yang dilaporkan bulan lalu.

Pertumbuhan pembelanjaan konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi A.S., direvisi hingga tingkat 1,3%. Pengeluaran konsumen sebelumnya dilaporkan telah meningkat pada kecepatan 1,2% pada kuartal pertama.

Pengeluaran bisnis untuk peralatan turun pada kecepatan 1,0% alih-alih naik pada tingkat 0,2%. Itu adalah yang terlemah sejak kuartal pertama 2016. Investasi pemerintah meningkat pada tingkat 2,5%. Sebelumnya dilaporkan telah meningkat pada tingkat 2,4%.

Rata-rata bergerak empat minggu dari klaim awal, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena itu menyapu keluar volatilitas minggu-ke-minggu, turun 3.750 menjadi 216.750 minggu lalu. Kekuatan yang terus berlanjut dalam kondisi pasar tenaga kerja terlihat mendukung pertumbuhan.

Dalam laporan terpisah pada hari Kamis, Departemen Tenaga Kerja mengatakan klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara naik 3.000 menjadi 215.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 25 Mei.

Baca Juga

Trump Mengatakan tentang Prospek Impeachment, Tidak ada Kejahatan Tinggi

Akibat Perang Dagang, Kesengsaraan Tesla Mengirim Sel Surya A.S. Panasonic ke Filipina

 

 

Tags