Ampunan dan Pengharapan

 
Ampunan dan Pengharapan

LADUNI.ID - Rasulullah saw. bersabda :

اذا كان يوم عيد الفطروقفت الملائكة على ابواب الطرق فنادوا : اغدوا يامعشر المسلمين الى رب كريم يمن بالخير ثم يثيب عليه الجزيل لقد أمرتم بقيام الليل فقمتم وامرتم بصيام النهار فصمتم واطعتم ربكم فاقبضوا جوائزكم فاذا صلوا نادى مناد : الا إن ربكم قد غفر لكم فارجعوا راشدين الى رحالكم (رواه الطبرانى فى الكبير).

“Bila pagi Idul Fitri tiba, para Malaikat berbaris di pintu-pintu jalan sambil menyerukan : "Wahai orang-orang yang berserah diri kepada Tuhan, segeralah berangkat menghadap Tuhanmu Yang Maha Mulia. Dia akan menganugerahimu kebaikan dan memberimu pahala yang besar. Kamu telah diperintahkan beribadah malam, lalu kamu laksanakan. Kamu diperintahkan berpuasa siang hari, lalu kamu kerjakan. Kamu telah memenuhi seruan Tuhanmu. Maka terimalah pialamu. Kemudian apabila mereka selesai shalat, Malaikat berseru lagi : Ketahuilah bahwa Tuhanmu telah mengampuni dosa-dosamu. Maka kembalilah ke perjalanan hidup kalian selanjutnya sebagai orang-orang yang memperoleh petunjuk Allah. (HR. Thabrani dalam al Kabir).

Hadits ini jelas menyatakan bahwa orang-orang yang telah menjalankan ibadah puasa dengan keimanan yang penuh, hanya mengharapkan ridha Allah dan menjalankan amal-amalan yang baik, Allah memberi mereka ampunan dan penghargaan.

Oleh: KH Husein Muhammad