Hasil Studi Sebutkan Mohamed Salah Bantu Kurangi Islamophobia

 
Hasil Studi Sebutkan Mohamed Salah Bantu Kurangi Islamophobia

LADUNI.ID, Jakarta – Sebuah studi menyebutkan bahwa masuknya Salah ke Liverpool telah mengurangi Islamophobia. Bahkan 18,9 persen terjadi penurunan angka kejahatan rasial di area Merseyside, dan pengurangan tweet anti-Muslim oleh fans The Reds di sosial media hingga separuh.

Mohamed Salah telah membuktikan bahwa melalui sepak bola telah memberikan perubahan sosial yang begitu signifikan. Seperti dilansir dari laman Sky Sports, studi tersebut di atas dilakukan oleh Stanford University di Amerika Serikat dengan judul: Can Exposure to Celebrities Reduce Prejudice? The Effect of Mohamed Salah on Islamophobic Behaviors and Attitudes.

Dari hasil riset tersebut ditemukan bahwa, secara keseluruhan dapat diinterpretasikan hasil penelitian mendukung hipotesis bahwa kehadiran Salah di Liverpool FC telah membantu mengurangi tindakan fanatisme ekstrem.

"Kami memahami bahwa daerah Merseyside [kandang Liverpool] mengalami 18,9 persen penurunan kejahatan rasial didasarkan pada kontrol sintetis, sementara tidak ada efek yang sama ditemukan pada tipe kejahatan yang lain," terang periset di Stanford University.

Riset tersebut berangkat dari sebuah observasi di mana terdapat 936 kejahatan rasial di wilayah itu, sehingga membuat seorang profesor di Stanford University melakukan sebuah riset. Sementara itu, 15 juta tweets dari fans sepak bola Inggris dan survey otentik eksperimen pada 8.060 fans Liverpool.

"Kami juga menemukan bahwa Liverpool FC telah memangkas separuh rasio mengunggah tweets anti-Muslim (7,2 persen menurun jadi 3,4 persen) jika dibandingkan dengan klub top Inggris lainnya."

"Survei eksperimen ini menunjukkan bahwa hasil ini mungkin dipengaruhi oleh peningkatan keakraban dengan Islam. Hasil temuan kami mengindikasikan bahwa eksposur positif pada perwakilan grup tertentu bisa membeberkan informasi baru yang dipahami manusia secara besar-besaran."

Salah merupakan salah satu dari empat muslim dalam skuat Liverpool, bersama Naby Keita, Xherdan Shaqiri, dan Sadio Mane. Dia sering merayakan golnya dengan selebrasi khas sujud pada Yang Maha Kuasa.

Salah bergabung dengan Liverpool dari AS Roma lewat transfer 34,3 juta pounds pada 2017 lalu. Dia diikat dengan kontrak lima tahun, yang mungkin bakal segera diperpanjang mengingat performanya yang luar biasa.

Sejak saat itu, Salah telah memainkan 104 pertandingan di semua kompetisi dan membungkus 27 gol. Trofi pertama yang dia persembahkan untuk The Reds adalah trofi Liga Champions 2018/19 pekan lalu, Salah mencetak satu gol di partai final.