Tarif Trump Bisa Menenggelamkan Peso Meksiko ke Titik Terendah Tahun ini

 
Tarif Trump Bisa Menenggelamkan Peso Meksiko ke Titik Terendah Tahun ini

LADUNI.ID, Mata uang telah terdepresiasi 2,5% sejak Trump mengatakan pekan lalu bahwa ia akan memungut tarif terhadap impor Meksiko kecuali jika negara itu berbuat lebih banyak untuk menghentikan migrasi dari Amerika Tengah.

Peso Meksiko bisa tenggelam minggu depan ke titik terendah tahun ini jika Presiden AS Donald Trump menindaklanjuti ancamannya untuk menaikkan tarif impor Meksiko, menurut jajak pendapat Reuters analis dan pedagang.

Meksiko mengirim delegasi ke Washington untuk mencoba menghindari ancaman Trump. Tetapi jika tarif diterapkan, peso dapat melemahkan tambahan 5,2% menjadi 20,6 per dolar minggu depan, menurut proyeksi rata-rata 12 analis yang disurvei oleh Reuters.

Tarif adalah "ukuran di mana tidak ada yang benar-benar menang, semua orang kehilangan," kata Leonardo Flores, direktur meja pertukaran untuk Multiva, sebuah perusahaan pialang.

Peso diperdagangkan pada 19,6041 terhadap dolar pada hari Kamis, penurunan 0,15%. Mata uang itu juga ditekan oleh keputusan Fitch untuk menurunkan peringkat utang negara Meksiko dan langkah Moody untuk menurunkan prospeknya, keduanya pada hari Rabu.

Jesus Lopez, seorang analis di Banco Base, mengatakan sulit untuk membayangkan apresiasi mata uang yang berkelanjutan karena profil kredit negara itu dapat terus melemah.

Jika Meksiko dan Amerika Serikat mencapai kesepakatan untuk menghindari tarif, peso akan memulihkan sebagian kerugiannya dan menguat 1,7% menjadi 19,3 per dolar minggu depan, menurut survei.

Tetapi bahkan tanpa tarif, analis memperkirakan lebih banyak volatilitas untuk peso.

Baca Juga

1. Administrasi Trump Menangguhkan Program Pendidikan A.S. untuk Anak-anak Migran

2. Tanah dengan 17 Elemen Sebagai Senjata Perang Dagang Oleh China

3. AS Mengejar Penjualan Lebih dari $ 2 Miliar Senjata ke Taiwan yang Membuat China Marah

4. Perkembangan Perundingan Meksiko dan AS yang Belum Mencapai Kesepakatan