STOP Main Ponsel Saat Bersama Anak Anda!

 
STOP Main Ponsel Saat Bersama Anak Anda!

LADUNI.ID, Anda mengelak dibilang kecanduan ponsel? Hasil penelitian mengungkap bahwa lebih dari sepertiga remaja dan lebih dari seperempat orangtua terbangun dari tidurnya hanya untuk mengecek ponsel.

Penelitian tersebut melakukan riset tentang dampak teknologi dan media terhadap keluarga dan telah mewawancarai sekitar 1.000 orang tua beserta anak-anaknya sebagai respondennya.

Seorang peneliti mengatakan, “Mereka seolah tidak ada jeda untuk menatap cahaya layar ponsel,”.

Responden yang terdiri atas orang tua dan anak-anak tersebut mengatakan bahwa perangkat seluler sangat memengaruhi kehidupan keluarga. Mereka bahkan mengaku terkadang berebut perangkat seluler. Mereka bermain gawai sampai lupa kapan harus makan.

Peneliti lain menambahkan, “Keasyikan bermain perangkat memicu kurang tidur yang berakibat terhadap masalah kesehatan mental dan fisik. Kinerja akademik dan kognitif pun menurun. Saya mendesak orangtua untuk mencermati hal itu,”.

Dari hasil penelitian tersebut terungkap bahwa 39 persen remaja mengharapkan orangtua bisa lepas dari perangkat ponsel. Ironisnya, 45 persen orangtua justru mengaku tidak bisa lepas dari ponselnya.

Berdasarkan riset, 38 persen remaja juga merasa orang tua telanjur kecanduan perangkat seluler. Hal tersebut berbanding lurus dengan data yang menyebut bahwa 52 persen orangtua menghabiskan banyak waktu demi gawai. 

Semoga kita tidak menjadi salah satu dari yang Kecanduan Ponsel karena bagaimanapun, kebersamaan akan jaul lebih berharga daripada Ponsel kita sendiri.