Analisa Bagaimana Strategi ISIS Bekerja dan Masuknya AS dengan Faktor Muslim Sri Lanka

 
Analisa Bagaimana Strategi ISIS Bekerja dan Masuknya AS dengan Faktor Muslim Sri Lanka

LADUNI.ID, Di lansir dari Asian Tribune Analysis, Saat memantau dari tanah Amerika dan sebelumnya melakukan observasi dan komunikasi selama sebulan di tanah Sri Lanka pada bulan Mei setelah Pembantaian Paskah di Kolombo, penulis ini melihat beberapa perkembangan upaya untuk meningkatkan gairah etnis mayoritas Sinhala. Mengikuti perkembangan itu, kegelisahan yang telah menimbulkan komunitas Muslim yang cukup besar, sebuah upaya untuk membentuk kembali radikalisme Sinhala-Budha yang dapat memisahkan komunitas Sinhala dan Muslim dengan menggerogoti benih kecurigaan antara kedua komunitas, lebih lanjut melemahkan pemerintah yang bertanggung jawab dalam mengganggu jaringan intelijen terpusat yang ada ketika mengambil alih kekuasaan. 

Bagaimana ISIS mencapai salah satu dari banyak tujuan dalam mengisolasi para pengikut Iman Islam dari masyarakat arus utama suatu negara yang telah ditargetkan dan bagaimana semua perkembangan di atas memberikan kontribusi Washington untuk tetap stabil pada kebijakan ekspansi militernya di Wilayah Asia Pasifik untuk mengubah Sri Lanka secara keseluruhan menjadi Hub Militer AS sementara membantu negara-negara Pulau Asia Selatan yang putus asa untuk memastikan infiltrasi ISIS yang bisa menjadi penghalang terhadap tujuan dan desain militer AS secara keseluruhan di Kawasan Asia.

Penulis ini dalam wawancara tiga puluh menit dengan jaringan televisi utama Sri Lanka SIRASA dalam program 'Pathikada' 31 Mei - https://www.youtube.com/watch?v=toO9-2uiukA - menyentuh beberapa masalah di atas bersama dengan desain militer Washington di Wilayah Asia Pasifik menggunakan lokasi strategis Sri Lanka.

Mari kita bahas satu per satu:

Pada bulan Februari 2018, jaringan intelijen AS menilai bahwa Negara Islam atau ISIS merupakan ancaman teroris yang berkelanjutan bagi kepentingan dan mitra Amerika di seluruh dunia. Penilaian ini memotivasi Amerika Serikat, dengan persetujuan pihak berwenang Sri Lanka, untuk mengirim FBI dan agen kontra teroris intelijen terkait ke Sri Lanka segera setelah serangan Paskah pada 21 April. Motif Washington adalah membantu Sri Lanka untuk membantu mengatasi ancaman itu, kepentingan Amerika adalah yang paling utama dalam intervensinya. Washington selama delapan belas bulan terakhir telah secara serius terlibat dalam ekspansi militernya di Wilayah Asia Pasifik yang sadar akan lokasi strategis Sri Lanka di tengah-tengah Kawasan.

Apa yang membuat ISIS untuk menargetkan Sri Lanka masih diperdebatkan, intruksi Amerika baru-baru ini ke Sri Lanka yang menggunakan negara-pulau ini sebagai pusat militer dalam desain keseluruhannya di Asia Pasifik menarik ISIS atau Sri Lanka adalah target yang mudah karena memiliki struktur pemerintahan yang rapuh seiring dengan meningkatnya permusuhan terhadap Muslim minoritas. ISIS dan penganut regionalnya, sebagaimana diketahui oleh siapa pun yang memantau lintasannya, bahwa mereka telah berkembang pesat di wilayah yang tidak diperintah atau di bawah pemerintahan atau negara yang terkena dampak konflik atau ketidakstabilan politik. Sri Lanka termasuk dalam satu atau semua kategori itu.

Penetrasi ISIS di seluruh dunia terlihat di wilayah atau negara yang telah atau pernah mengalami konflik dengan divisi sektarian, etnis, dan agama. Serangan Paskah, seperti yang ditunjukkan perkembangan di bagian lain dunia, ISIS siap untuk mengambil keuntungan dari celah yang tumbuh dalam identitas Muslim Sri Lanka, dan setelah serangan Paskah menunjukkan bahwa tidak ada pemimpin masyarakat, tokoh agama, tokoh politik, dan pihak berwenang. advokat, aktivis masyarakat sipil atau formasi politik berkuasa dan sebaliknya telah menyadari lintasan ISIS dan mengapa ia menargetkan Sri Lanka.

Situasi ini, sebuah ciptaan banyak orang dengan kurangnya kebijaksanaan yang menjadi milik semua sektor masyarakat Sri Lanka, setelah insiden Paskah berkontribusi terhadap mobilitas ke atas pemikiran radikal Sinhala Budha yang mengarah pada reaksi komunal terhadap Muslim. komunitas yang dapat berkontribusi pada memburuknya ketegangan politik. Mereka yang bertanggung jawab atas munculnya skenario ini benar-benar lupa bahwa radikalisme atau terorisme Islam cukup berbeda dengan kepercayaan Islam yang sakral, mogok untuk menciptakan ketegangan di antara komunitas etnis atau agama dan terus bekerja dalam masyarakat atau negara yang secara tidak langsung menggunakan mereka yang telah mengembangkan hasrat etnis atau agama yang menyebabkan ketegangan masyarakat.

Sebagian besar protagonis hegemoni Sinhala-Buddha ini atau yang mengadvokasi kebenaran politik sejak pasca pembantaian Paskah pada 21 April gagal memahami bahwa 'terorisme' ini tidak ditargetkan untuk 'sepotong tanah' atau untuk mencapai 'tanah air' tetapi perang psikologis. Untuk mencapai perang psikologis itu, apa yang dibayangkan ISIS dalam serangan Paskahnya adalah komunitas Muslim harus dipisahkan dari arus utama masyarakat Sri Lanka. Retorika yang disaksikan oleh penulis ini dari dekat dan pribadi ketika berada di tanah Sri Lanka dan kemudian di sini di tanah Amerika sedang bermain di tangan doktrin ISIS itu.

Awal pekan ini ketika sekelompok menteri kabinet dan sub-kabinet tingkat 'Iman Islam' mengundurkan diri dari posisi mereka secara massal, penulis ini sedang dalam percakapan dengan dua pensiunan Petugas Layanan Asing AS (FSO) yang sangat berpengetahuan tentang lintasan Sri Lanka. selama beberapa dekade terakhir berpendapat bahwa itu persis seperti yang dibayangkan ISIS. Apakah radikalisme Sinhala-Budha diperjuangkan oleh beberapa orang di masyarakat Sri Lanka sejak terorisme Paskah menjadi kontributor pasif terhadap penyebab ISIS? Bagi ISIS, kegunaan strategis terorisme tidak pernah lebih besar seperti yang terlihat dalam masyarakat Sri Lanka ketika advokasi Sinhala-Buddha yang radikal dipandang sebagai salah satu bentuk kegunaan strategis terorisme ISIS.

Pertanyaan 'Asian Tribune' telah mengkonfirmasi bahwa kedatangan tiba-tiba personel intelijen Amerika di Kolombo setelah pembantaian Paskah, dengan persetujuan pemerintah Sri Lanka, adalah untuk membantu mengungkap misteri serangan yang direkayasa oleh ISIS. Namun demikian, Washington memiliki saham yang lebih besar di Wilayah Asia-Pasifik dengan Sri Lanka yang berlokasi strategis di pusat kawasan itu.

Terakhir kali Amerika Serikat menaruh minat pada Sri Lanka adalah selama kampanye politik militer "Macan Tamil" yang berlangsung selama 26 tahun dari tahun 1983 hingga 2009 untuk memenangkan sebuah Negara Induk Tamil yang merdeka bagi 12% komunitas minoritas Tamil. Washington, dalam dokumen CIA-State Department 1984 yang sekarang tidak terdefinisi dengan jelas menganjurkan penolakan untuk memberikan bantuan militer kepada pemerintah yang memerangi terorisme Harimau Tamil dengan dasar bahwa jika disediakan itu akan menjadi hambatan bagi kebijakan luar negeri Washington untuk bekerja dengan etnis. minoritas di negara lain. Washington percaya bahwa minoritas Tamil di Sri Lanka memiliki keluhan yang sah, terpinggirkan oleh GSL yang mengejar kebijakan hegemonik mayoritas Sinhala yang mendiskriminasi orang Tamil, dan bahwa 12% orang Tamil memiliki klaim sah atas otonomi daerah yang bukan negara merdeka. Amerika Serikat benar-benar menghentikan bantuan militer ke Sri Lanka selama serangan militer 2006-2009 terhadap separatis Macan Tamil yang menyerukan gencatan senjata dan solusi politik.

Selama serangan Paskah yang direkayasa ISIS pada 21 April, Washington telah memerangi ISIS di teater perang Timur Tengah dan memasuki tahun kedua ekspansi militernya di Wilayah Asia-Pasifik menggunakan banyak negara 'sukar' seperti Nepal, Bangladesh dan Sri Lanka dimasukkan ke dalam 'desain militer agungnya'. Washington tidak ingin ekspansi militernya di Wilayah Asia-Pasifik terganggu oleh infiltrasi ISIS atau dampak terorisnya. Dalam rancangan militernya yang agung, Washington telah mengubah Sri Lanka menjadi pusat militer yang bertentangan dengan pendirian pangkalan militer di pelabuhan-pelabuhan yang terisolasi di negara kepulauan Sri Lanka. Tindakan ISIS di Sri Lanka telah mempercepat tujuan militer Washington ini di mana Sri Lanka tampaknya memainkan peran yang agak penting.

Pembantaian Paskah telah menciptakan skenario baru di Sri Lanka, kali ini Washington tidak terlibat dalam upaya untuk menyelesaikan 'ketegangan etnis' tetapi merampingkan tujuan militernya di Wilayah Asia-Pasifik. Apa yang kurang di Sri Lanka, seperti yang terlihat oleh penulis ini selama tinggal sebulan di bulan Mei setelah melakukan percakapan yang luas dengan semua kategori orang, dan mengamati skenario yang berkembang dari tanah Amerika adalah bahwa para aktivis politik, agama dan masyarakat sipil telah gagal untuk fokus pada skenario yang lebih luas demi kepentingan Sri Lanka, khususnya masalah mengasingkan komunitas Muslim yang akan dihibur ISIS.

Apa yang telah dilupakan adalah bahwa seluruh komunitas Muslim mendukung Sinhala ketika separatis Macan Tamil meneror negara itu dalam kampanye 26 tahun untuk mengambil sebidang tanah, dan bahwa kali ini pasukan eksternal sedang berusaha untuk merebut hati dan pikiran sebuah komunitas. 'Perampasan tanah' dikalahkan secara militer, jika perang psikologis yang dilembagakan oleh pasukan asing berlangsung, banyak pendukung 'nasionalisme' yang gencar bisa menjadi pendukung pasif bagi upaya semacam itu.

Baca Juga

1. Hukuman Akan Digelar Hari ini untuk Pria Ladson yang Mencoba Bergabung dengan ISIS

2. Menteri Luar Negeri Qatar Mendesak De-Eskalasi dalam Perselisihan AS-Iran

3. Belanda Membawa Kembali Dua Anak ISIS dari Syria