Teori "Biasanya" dalam Komunikasi Sehari-hari

 
Teori

LADUNI.ID - Ucapan, tulisan atau komentar yang berulang-ulang termasuk di media sosial membentuk pola tertentu, biasanya menunjukkan kondisi pengucapnya. Begini misalnya:

1. Orang yang sering berbicara mengenai mahalnya harga-harga atau membengkaknya kebutuhan sehari-hari menunjukkan bahwa ekonominya belum stabil. Orang yang ekonominya sudah stabil tak sering membicarakan ini di obrolannya, tapi berbicara soal kualitas, kenyamanan atau fasilitas tanpa membicarakan harganya. (Wartawan dan pembawa berita ekonomi dikecualikan sebab memang tugasnya berbicara soal ini)

2. Orang yang sering berbicara tentang pentingnya kesabaran, buruknya kedzaliman orang lain, bahaya sifat hasud, iri dengki dan semacamnya biasanya menunjukkan dia sedang bermasalah dengan orang lain dan dia dalam posisi lemah tertindas. Bila mental seseorang kuat dan tegar, biasanya hal semacam ini tak menjadi bahasannya dalam keseharian, tak peduli ada orang yang mengusiknya atau tidak. (Pengajar ilmu tasawuf bisa dikecualikan sebab memang tugasnya menerangkan ini)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN