Kersen, Salah Satu Buah dari Tanaman Liar yang Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan

 
Kersen, Salah Satu Buah dari Tanaman Liar yang Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan kersen, pohon yang satu ini merupakan pohon yang tidak asing lagi di Indonesia. pohon ini mudah tumbuh di mana saja mulai dari di pekarangan, lahan liar, hingga di pinggir jalan. Buah kersen yang tumbuhnya tidak mengenal musim memiliki rasa khas yang manis. Selain daun kersen yang dipercaya untuk berbagai pengobatan, ternyata terdapat juga manfaat buah kersen untuk kesehatan.

Selain itu, pohon ini memiliki nama latin Muntingia Calabura. Pohon ini berasal dari Amerika tropis, namun saat ini sudah dapat ditemukan di hampur seluruh negara tropis. Buah kersen sering kali disebut sebagai ceri atau seri di beberapa daerah di Indonesia. Sedangkan untuk nama lainnya, buah kersen juga sering disebut sebagai Jamaica Cherry, Strawberry tree, Panama Cherry, hingga Cotton Candy berry. Buah kersen memiliki tekstur yang lunak dan isinya berair. Isi buah memiliki rasa yang sangat manis dan mengandung ratusan biji kecil.


Mengenai manfaatnya, pohon ini sering kali dianggap sebagai tanaman liar yang tidak bernilai. Padahal selain untuk berteduh, bagian daun dan buah kersen juga memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah seajumlah manfaat buah kersen yang wajib diketahui:

1. Membantu penambahan nutrisi bagi tubuh
Ternyata buah kersen memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Kandungan yang ada dalam buah ini meliputi serat, protein, karbohidrat, kalsium,       fosfor, vitamin B, dan zat besi. Disamping itu, buah kersen diperjualbelikan di beberapa negara. Bahkan ada yang mengolahnya menjadi selai, jeli,  atau  bahan  suplemen. 

2. Membantu mengatasi pilek dan flu
 Manfaat buah kersen yang pertama adalah dapat membantu mengatasi pilek dan flu, karena mengandung vitamin C yang tinggi. selain itu, vitamin     tersebut juga     dapat menyingkirkan patogen yang menyerang tubuh dengan lebig efisien.

3. Membantu mengontrol gula darah
 Anda jangan ragu terhadap rasanya yang manis, buah kersen aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah.  Seperti dilansir dari Medil Daily, sebuah studi yang diterbitkan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada tahun 2011, menemukan bahwa  terdapat penurunan kadar gula darah yang signifikan setelah pemberian 500 mg ekstrak buah kersen. 

4. Membantu mengatasi masalah pencernaan
Manfaat buah kersen ternyata juga mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Masih dilansir dari Medical Daily, efek bauh kersen dipercaya  sebanding  dengan efek obat Omeprazole. Obat ini sering digunakan untuk mengatasi sakit perut, maag, hingga GERD.

Sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan oleh Clinical & Experimental Pharmacology menemukan bahan pemberiak ekstrak buah kersen sebelum pemberian  etanol, dapat mengurangi pembentukan luka lambung dan memberikan lapisan pelindung pada mukusa lambung.

5. Membantu mengatasi Asam urat
Penyakit asam urat adalah konsidi dimana terjadinya peradangan yang diakibatkan terlalu banyaknya asam urat yang menumpuk dan mengkristal pada sendi.  Kondisi inibisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan pembengkakan. Manfaat buah kersen adalah untuk mengatasi gejala tersebut, karena Sifat  antiinflamasi dari kersen dipercaya dapat mengurangi endapan asam urat yang ada pada persendian.

6. Membantu mengatasi infeksi bakteri
Infeksi bakteri dapat diatasi dengan penggunaan antibiotik. Dilansir dari Life Hack, kini semakin banyak bakteri yang bermutasi dan menjadi semakin kuat  hingga tidak dapat dilawan oleh antibiotik yang diproduksi oleh ilmu kedokteran. Penggunaan antibiotik secara berlebihan juga dapat memicu mutasi bakteri  sehingga yang membuat bekteri semakin kuat dan resisten. Oleh karena demikian, buah kersen memiliki aktivitas antibakteris seingga dapat menjadi antibiotik    alami yang dapat mengatasi bakteri susu, difteri, sepsis, dan infeksi staph.

7. Sumber antioksidan
Sama seperti daunnya, buah kersen juga tinggi antioksidan, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Buah kersen memiliki kurang lebih 24 senyawa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal ini memandakan bahwa buah kersen memiliki merupakan buah yang kaya antioksidan.

 Semoga Bermanfaat.