Sebaiknya Jangan Letakkan Tuas Gigi pada Posisi P saat Memanaskan Mobil Matic

 
Sebaiknya Jangan Letakkan Tuas Gigi pada Posisi P saat Memanaskan Mobil Matic

LADUNI.ID, Jakarta - Masih banyak pemilik mobil yang belum paham betul tentang tata cara ketika memanaskan mesin mobil matic. Kebanyakan pemilik mobil kalau memanaskan mobil matic posisi persneling di P atau Parking. Padahal hal ini justru akan membuat transmisi matic cepat rusak. Namun, seharusnya tuas transmisi tersebut di letakkan pada posisi N (Netral) dan jangan lupa menarik handbrake.

Menurut Hermanto yang merupakan salah seorang teknisi mesin matic di Kota Tanggerang, ketika memanaskan mesin mobil dan posisi persneling di P, maka hal ini akan membuat sirkulasi oli transmisi tidak berputar, karena posisi P pompa oli tidak bekerja. 

Maksudnya ketika kita memanaskan mesin mobil, sekaligus kita juga sedang memanaskan isi transmisinya. Sehingga pelumas atau oli matic sudah mengguyur komponen dalam transmisi. Jadi, komponen yang sudah dilumasi itu sudah siap untuk menerima beban. Sehingga gesekan dalam transmisi otomatis tidak terlalu tinggi.

Berbeda jika transmisinya belum dipanasi akibat pelumas belum mengguyur komponen. Hal ini tentunya bisa membuat bagian atau komponen matic cepat aus dan kampas koplingnya bisa selip yang pada akhirnya akan membuat umur matic jadi pendek dan merugikan pemilik mobil.