Pesantren Istiqomah Al-Amin, Cintamulya Lampung Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Istiqomah Al-Amin, Cintamulya Lampung Selatan

PROFIL

Pondok Pesantren Istiqomah Al Amin terletak di Desa Cintamulya Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Pondok Pesantren ini didirikan pada tanggal 9 Januari 1989 oleh Kyai haji Imam Bukhari.

Selain fokus pada ranah tafaqquhfiddin Ponpes ini sejak awal telah mendidik santri-santrinya untuk terlibat aktif dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi salah satunya adalah dengan memanfaatkan areal pesantren untuk budidaya ikan antara lain ikan gurame ikan patin dan juga ikan nila.

Pada awalnya kegiatan ini hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi santri sehari-hari namun demikian kegiatan ini kemudian berkembang menjadi unit usaha yang dapat menopang bagi keberlangsungan pendidikan di Pondok Pesantren Istiqomah Al Amin.

Selain sebagai unit usaha yang memiliki nilai tambah bagi pondok pesantren kegiatan unit usaha ini juga menjadi wahana bagi para santri untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang kewirausahaan antara lain di bidang pertanian perikanan serta ekonomi kreatif.

Pondok Pesantren ini juga terlibat aktif dalam kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar dengan menjadi fasilitator bagi program-program pemerintah di bidang ketenagakerjaan pertanian dan juga perikanan.

Berkat peranannya bagi tumbuh kembangnya kegiatan ekonomi kreatif di sekitar Pondok Pesantren maka pada tahun 2009 Pondok Pesantren ini mendapatkan penghargaan dari presiden Republik Indonesia sebagai lembaga keagamaan yang berprestasi di bidang ketahanan pangan tingkat nasional.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.