Insiden Jatuhnya Pesawat Latihan Militer Vietnam Tewaskan 2 Pilot

 
Insiden Jatuhnya Pesawat Latihan Militer Vietnam Tewaskan 2 Pilot

LADUNI.ID, Hanoi - Sebuah pesawat latihan militer Vietnam dikabarkan jatuh di Provinsi Khanh Hoa pada Jumat (14/6/2019). Insiden tersebut menewaskan dua pilot.  Diketahui, kedua pilot tersebut sedang menjalani sesi latihan dengan menerbangkan pesawat pelatihan Yakovlev Yak-52 buatan Rusia sebelum akhirnya jatuh di dekat kawasan gunung. Setelah kejadian seorang pilot ditemukan tewas di lokasi insiden, sementara seorang pilot lainnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.
"Seorang pilot ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa, sedangkan seorang pilot meninggal di perjalanan ke rumah sakit," ungkap Nguyen Ngoc Khue, kepala komune setempat.

Hingga saat ini, Lokasi jatuhnya pesawat masih ditutup untuk umum guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Meski Vietnam termasuk memiliki catatan baik dalam penerbangan sipil, namun kecelakaan pesawat maupun helikopter militer dilaporkan kerap terjadi dinegara tersebut. Kebanyakan insiden kecelakaan pesawat militer Vietnam melibatkan armada udara yang telah berusia tua yang diperoleh dari sekutu lamanya, Rusia. 
 
Sebelumnya pada Juli 2018, dua pilot Angkatan Udara Vietnam dilaporkan tewas dalam latihan terbang setelah pesawat Sukhoi Su-22 buatan Rusia yang mereka terbangkan jatuh di Provinsi Nghe An. Kecelakaan pesawat militer juga sempat terjadi pada 2016 yang menewaskan setidaknya 14 orang. kini,Vietnam tengah berupaya untuk memodernisasi perlengkapan militernya, termasuk armada pesawat tempur mereka dengan membeli dari mitra di luar sekutu lama Rusia, termasuk dari Perancis, Jerman, dan Israel.